Rio Waida Raih Juara 1 Selancar Nias Pro Indonesia WlS QS 5000 

Rio Waida Raih Juara 1 Selancar Nias Pro Indonesia WlS QS 5000 

3,014 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Nias Selatan. Peselancar profesional Indonesia, Rio Waida berhasil menjuarai WSL QS 5000 Nias Pro 2023 kategori pria dan mengalahkan saingannya Tully Wylie dari Australia pada Babak Final di Teluk Lagundri, Sorake Beach, Nias Selatan, Sumatera Utara. Minggu, (17/9/2023).

Rio Waida merupakan seorang peselancar profesional berkebangsaan Indonesia. Pada 2019, ia pernah meraih medali perak untuk Indonesia pada Pesta Olahraga Asia Tenggara yang berlangsung di Filipina, sedangkan medali emas diraih oleh sesama peselancar Indonesia, Oney Anwar.

Rio Waida menjadi satu-satunya peselancar Indonesia yang masuk ke Babak Final Kejuaraan World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000 setelah 27 orang peselancar terbaik Indonesia lainnya berhenti di babak-babak sebelumnya.

Di babak final kali ini, Rio Waida menantang dan bertransaksi di atas papan selancar dengan sangat sempurna. Aksi pertamanya berhasil mencetak skor terbaik di moment ini 8,77 dan terakhir 9,60. Dari 7 gelombang yang ditantangnya, Rio kumpulkan skor 18,37 hampir sempurna dari target 20.

Sementara saingannya peselancar profesional Tully Wylie dari Australia dari 7 kali gelombang yang diambil, dia hanya mampu menghasilkan nilai terbaik 6,73 dan 7,50. Setelah melalui waktu 30 menit di atas air, ia berhasil mengumpulkan skor 14,23.

Para penonton di Pantai Sorake bersorak bahagia menyerukan nama Rio yang memimpin putaran pertama di babak ini sambil bendera Indonesia dikibarkan di pantai Sorake. Sesampainya di pantai langsung disambut oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, Forkopimda Nias Selatan, Kepala Disbudparpora Nias Selatan, Anggreani Dachi, Panitia WSL, dan PSOI.

Rio menyampaikan bahwa dirinya sangat bahagia selain karena menang dia juga sangat bahagia bisa datang untuk pertama kali menjelajahi ombak di Nias.

Lebih lanjut, Rio menyampaikan bahwa Ombak Nias sangat baik bahkan terbaik di dunia.

“Saya sangat bahagia karena bisa berada di sini. Ini pertama kali saya ke Nias. Ombaknya sangat bagus, terbaik di dunia,” katanya. (HERMAN TELAUMBANUA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY