Rumah Adat Suku Tolaki Dan Museum Kerajaan Konawe Di Resmikan Bupati Konawe

Rumah Adat Suku Tolaki Dan Museum Kerajaan Konawe Di Resmikan Bupati Konawe

4,950 views
0
SHARE

Suaraindonesianews – Unaaha, Bupati Konawe Kery Saipul Konggoasa Meresmikan rumah adat Tolaki (Laika’aha) dan museum Kerajaan Konawe, Acara peresmian tersebut juga di hadiri Oleh Ketua DPRD Kab.Konawe Gusli Topan Sabara,ST, Wakil Bupati Konawe Parinringi, Sekda Konawe H.Ridwan Lamaroa, Unsur Muspika Kab.Konawe serta Jajaran Pimpinan SKPD Lingkup Kab.Konawe, Tokoh Adat,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kab.Konawe (24/02-17).

Peresmian Rumah Adat Tolaki

Melalui Sambutan Bupati Konawe yang di bacakan oleh Wakil Bupati Konawe Parinringi mengatakan Sebagai generasi penerus yang kita lakukan ini untuk menghadirkan kembali simbol kebesaran keberadaan masyarakat suku tolaki, mengkokohkan exsistensi nilai adat istiadat dan budaya  tanah leluhur yang terbangun hingga saat ini. Sejak dahulu hingga sekarang kita memiliki komitmen yang sama untuk menjaga dan melestarikan adat istiadat dan budaya para leluhur pendahulu kita, sebagai bangsa yang beradap sepatutnyalah kita mengistimewakan peninggalan peradaban masa lalu seraya tetap memetik dan mengamalkan nilai-nilai leluhur yang terkandung di dalamnya.

Pembangunan Laika’aha merupaka cara menghadirkan kembali roda masa lalu kearifan lokal budaya masyarakat suku tolaki, kita dapat belajar bahwa sungguh kehidupan masa lalu yang sarat dengan hikma merupakan perodak yang mengandung nilai dan norma yang dapat kita jadikan sebagai landasan berprilaku. Berbagai elemen dan atribut yang melekat dalam bangunan Laika’aha mengandung makna filosofi yang sangat dalam, sekaligus mengajarkan kepada kita semua bahwa segala yang kita lakukan memiliki konsekwensi yang harus kita pertanggung jawabkan, sebagaimana falsafa yang kita yakini yakni “ Inae Kona Sara ieei penasara, inai iasara iei penakasara”.

Bupati Konawe

Selanjutnya Rombongan hadirin yang hadir melakukan Ziarah ke makam Leluhur Raja Lakidende yang berlokasi dalam areal Laika’aha. Dengan Hikmanya Bupati Konawe , Wakil Bupati Konawe,Ketua DPRD Kab.Konawe Serta Sekda Kab.Konawe Begitu Hikmanya untuk mengirimkan Doa kepada Leluhur Raja Lakidende.

Ketua DPRD Konawe & Bupati Konawe

Dalam Peresmian  rumah adat Tolaki (Laika’aha) dan museum Kerajaan Konawe ini, Bupati Konawe memberikan Kesempatan Kepada Ketua DPRD Kab.Konawe Gusli Topan Sabara,ST Untuk melakukan Pengguntingan Pita peresmian Rumah Adat Suku Tolaki, Sekaligus Seluruh Rombongan yang menghadiri acara memasuki areal dalam ruangan laika’aha untuk melakukan Ritual Mosehe yang merupakan sala-satuh ritual sakral dalam Budaya Suku Tolaki. (Red.SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY