Tari Topeng Palimanan Mencoba Bangkit Dari Tidurnya

Tari Topeng Palimanan Mencoba Bangkit Dari Tidurnya

3340
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Kabupaten Cirebon. Kesenian daerah kabupaten cirebon salah satunya tari topeng memiliki 5 pakem asal tari topeng dari Kabupaten Cirebon salah satunya dari pakem tari topeng palimanan yang mulai memudar. Salah satu penyebabnya ialah tidak ada nya garis penerus dari golongan kaula muda biasa di sebut anak jaman now.

Namun berbeda dengan sanggar seni tari topeng Ibu Nani yang berada di desa kedungbunder blok cimerta Rt/Rw : 03/06 kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon.

Menurut Fani salah satu dari anak kandung dari sang pemilik sanggar seni tari topeng tersebut menerangkan bahwa, “Sanggar ini mulai di aktifkan kembali pada tahun 2010 lalu di karenakan banyaknya permintaan anak muda dan orang tua siswa daerah sekitar mendesak agar di buka kembali, setalah lama fakum karena beberapa hal”. (07-04-2021)

Di tambah semenjak adanya pandemi virus covid 19 ini anak – anak sekolah di liburkan dan sekarang belajar di rumah melalui daring, namun anak – anak masih memiliki sper waktu yang sangat panjang menuju sore hari. Jadi banyak orang tua siswa yang menitipkan nya pada kami agar terarah kegiatannya dan memiliki skill dalam bidang kesenian khususnya seni tari.

Giska siswi sekolah dasar yang berada di wilayah kecamatan palimanan mengungkapkan bahwa dirinya sangat bosan jika berada di rumah terus dan main di luar takut kena corona ungkapnya dengan polos dan lugu, dengan dirinya ikut sanggar tari Ibu Nana ini merasa sangat senang terlibih dirinya sering ikut mentas di beberapa acara keraton di cirebon dan beberapa acara di instansi pemerintah kabupaten cirebon.

“Semoga dengan anak saya ikut sangar seni tari ini lebih menata kesabarannya dan juga melatih fokus dan kesabaran pada dirinya berguna untuk pondasi karakter pada anak saya,” ujar orang tua giska pada jurnalis yang meliput. (Sendi)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY