Teken MoU Dengan PT Lotte Chemical Indonesia, Walikota Helldy : Dapat Membawa...

Teken MoU Dengan PT Lotte Chemical Indonesia, Walikota Helldy : Dapat Membawa Dampak Positif Bagi Masyarakat Cilegon

299 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Cilegon. PT. Lotte Chemical Indonesia melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota Cilegon.

Penandatangan tersebut dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Presiden Direktur PT. Lotte Chemical Indonesia Mr. Yim Dong Hee, di Aula Setda II Kota Cilegon, Rabu, (30/08/2023).

Tampak hadir menyaksikan penandatanganan tersebut Vice Chairman PT Lotte Chemical Indonesia Mr. Kim Gyo Hyun, Managing Director Communication Division PT. Lotte Chemical Indonesia Mr. Choi Young Kwang, Asisten Daerah II Kota Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade Putra, Kepala DPMPTSP Cilegon Hayati Nufus, Kepala DLH Cilegon Sabri Mahyudin, Plt Kepala Disnaker Cilegon Panca Nugrahestianto Widodo serta sejumlah Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemkot Cilegon.

Diketahui, ada sejumlah poin kerjasama kedua institusi tersebut Antara lain dukungan Lotte untuk institusi pendidikan, pemberian beasiswa pendidikan, penyelenggaraan kursus dan pelatihan kerja, penyelenggaraan pemagangan dan perekrutan tenaga kerja, serta peningkatan kesadaran masyarakat terhadap perlindungan lingkungan di Kota Cilegon.

Presiden Direktur PT Lotte Chemical Indonesia Mr. Yim Dong Hee mengungkapkan bahwa pihaknya selama ini sudah aktif berkontribusi dalam kegiatan sosial. Terutama yang berfokus terhadap tiga aspek utama, yaitu lingkungan, perempuan dan anak-anak, serta komunitas lokal.

Dengan MoU tersebut, pihaknya akan terlibat dalam upaya membangun pendidikan sains dan lingkungan yang berkualitas untuk sekolah-sekolah di Kota Cilegon.

“Dalam konteks perjanjian kerjasama ini, Lotte Chemical Indonesia juga menyatakan tujuannya yaitu untuk memperkuat sistem pengembangan kualitas sumber daya lokal dan penguatan kebudayaan yang ada di Kota Baja,” kata Tim Dong Hee.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas terjalinnya kerjasama yang berlangsung antara Pemerintah Kota Cilegon dan PT. Lotte Chemical Indonesia. Ia berharap dengan kerjasama ini yang terjalin dapat terus berlanjut di kemudian hari.

“Kami akan terus melakukan kerjasama antara pemerintah dan lainnya. Terima kasih atas dukungan yang diberikan terhadap kami, semoga kerjasama ini dapat terus berkelanjutan, sehingga kita bisa bersama-sama dalam memberikan kesejahteraan untuk masyarakat Kota Cilegon dan semoga Cilegon dapat semakin maju dan berkembang menjadi lebih baik,” harapannya.

Sementara itu, Vice Chairman Kim Gyo Hyun menambahkan bahwa saat ini Lotte Chemical saat ini sedang melaksanakan proyek berskala besar dengan potensi pertumbuhan ekonomi tinggi di Indonesia. Dimulai dengan kontribusi sosial MOU dengan Pemerintah Kota Cilegon.

“Kami juga akan terus memperluas tanggung jawab sosial perusahaan, namun tidak hanya di Korea, tetapi juga di komunitas luar negeri.

Lotte Chemical turut serta dalam bidang pendidikan dan perlindungan lingkungan di Cilegon, dimana kompleks petrokimia berskala besar sedang dibangun,” kata Mr. Kim Vice Chairman PT Lotte Chemical Indonesia.

Menurut Mr. Kim, bahwa Lotte Chemical dan Pemerintah Kota Cilegon menandatangani MoU yang menyatakan bahwa Lotte Chemical akan mendukung pengembangan infrastruktur pendidikan Kota Cilegon serta meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

“Ini merupakan proyek tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Lotte Chemical yang pertama dilakukan dengan pemerintah daerah di luar negeri. Melalui MoU ini, Lotte Chemical akan bekerja sama dengan pemerintah Kota Cilegon dalam membangun lingkungan pendidikan berkualitas tinggi di bidang sains dan lingkungan untuk sekolah-sekolah di Cilegon,” tuturnya.

Selain itu, Lotte Chemical juga akan menyediakan peralatan dan perlengkapan untuk Sekolah Dasar dan membantu membangun lingkungan pendidikan yang lebih baik dengan mengembangkan konten pendidikan terbaru untuk tingkat Sekolah Menengah.

“Kami juga berencana untuk mengembangkan program khusus di bidang sains/lingkungan bagi mahasiswa, dimana programnya akan mencakup pendampingan dan penyediaan tenaga ahli. Selain itu, penyediaan fasilitas perlindungan lingkungan dan pengembangan program partisipasi warga akan pula dilakukan guna memperkuat sistem sumber daya kota yang baik dan meningkatkan kesadaran lingkungan bagi masyarakat setempat,” ucapnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian mengakui bahwa kerjasama yang terjalin antara Pemerintah Kota Cilegon dengan PT. Lotte Chemical Indonesia akan membawa dampak positif bagi masyarakat Kota Cilegon.

“Saya yakin pasti akan membawa manfaat yang nyata bagi masyarakat, karena kerjasama ini melibatkan pendidikan, pelatihan pekerjaan, dan perlindungan lingkungan,” katanya.

Nantinya, lanjut Helldy, perjanjian kerjasama akan ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bersama PT. Lotte Chemical Indonesia.

“Ada tiga OPD yang terlibat yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Tenaga Kerja, dan Dinas Lingkungan Hidup,” ungkapnya. (Dhe)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY