Teleskop Pemantau Rukyatul Hilal Theodoid Merk Ruide Disteo 23 Perdana Digunakan di...

Teleskop Pemantau Rukyatul Hilal Theodoid Merk Ruide Disteo 23 Perdana Digunakan di Bengkalis

210 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Bengkalis. Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis diwakili Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis H Hambali hadiri pemantauan bulan baru atau Rukyatul Hilal sebagai penetapan 10 Dzulhijjah 1441 H di Pantai Selat Baru, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, Selasa 21 Juli 2020 sore.

Pelaksanaan Rukyatul Hilal tersebut dilakukan oleh tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Provinsi Riau dan Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari’ah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis dengan menggunakan alat bantu teleskop atau teropong khusus (Theodoid Merk Ruide Disteo 23).

Sebelum dilaksanakan pemantauan Rukyatul Hilal, terlebih dahulu dilaksanakan penyerahan alat Theodoid Merk Ruide Disteo 23 dari Kakanwil Provinsi Riau kepada Kemenag Kabupaten Bengkalis.

Hambali ketika ditanya tentang lokasi pelaksanaan Rukyatul Hilal mengatakan bahwa pemantauan Hilal di pantai Selat Baru karena pemandangan lebih jelas langsung ke arah laut.

“Alhamdulillah alat ini sangat membantu sekali dalam melihat Rukyatul Hilal, apalagi alat ini cuman ada dua di Indonesia, satu di Jakarta dan satunya lagi di Kabupaten Bengkalis”, kata Hambali.

Dari pantauan tadi sambung Hambali, tidak terlihat anak bulan karena tertutup awan, untuk itu kedepannya kita akan mengusulkan untuk membangun tower khusus alat Theodoid Merk Ruide Disteo 23 di Pantai Selat Baru supaya tidak ada kendala dalam pelaksanaan pemantauan Rukyatul Hilal kedepannya.

Tampak Hadir dalam pemantauan tersebut Kepala Bidang Urusan Agama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Afrialsah Lubis, Pelaksana Tugas Kemenag Kabupaten Bengkalis H. Charles serta beberapa pejabat di Kakanwil Provinsi Riau dan Pejabat Kemenag Bengkalis. (Mus)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY