Tim Penilaian Kreasi Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten, Perpustakaan Bermanfaat Bagi Masyarakat Dan...

Tim Penilaian Kreasi Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten, Perpustakaan Bermanfaat Bagi Masyarakat Dan Meningkatkan Mutu Pendidikan

2,355 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Cirebon, SDN 1 Weru Kidul Desa, Weru Kec. Weru, kedatangan tim penilaian kreasi lomba perpustakaan dari Dinas Pendidikan Kab. Cirebon. Kreasi lomba perpustakaan tingkat Kabupaten. Sabtu (30/11/2019)

Kegiatan lomba perpustakaan yang dilaksanakan di SDN 1 Weru Kidul dihadiri oleh kepala selokah se Kecamatan Weru, pengawas, korwil dan tim penilai dari Dinas Pendidikan Kabupaten.

Korwil Pengawas Kec. Gunung Jati Nata mengatakan, jadi intinya lomba perpustakaan tingkat kabupaten itu tujuan utamanya memberdayakan sekolah-sekolah yang memiliki perpustakaan untuk bisa menerapkan gerakan literasi, gerakan pendidikan karakter selain itu sebagai bahan literasi anak baik itu elektronik maupun cetak dalam rangka membantu pembelajaran meningkatkan pemahaman siswa dengan berbagai buku yang ada atau bahan-bahan elektronik yang ada, selain itu sebagai referensi guru dalam rangka pembelajaran.

Perpustakaan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar melalui tadi lorong baca, sudut-sudut baca, pojok baca ketika orang dua mengantarkan anaknya ada majalah yang bagus ada buku-buku yang kira-kira bisa dimanfaatkan artinya ada di situ di perpustakaan ada buku tentang bagaimana mengelola kebun, bagaimana mengelola perikanan, dan banyak buku-buku yang bagus jadi itu artinya bisa bermanfaat dalam rangka tadi mencerdaskan kehidupan bangsa yang akhir tujuan adalah mensejahterakan bangsa dari buku-buku yang ada itu inti utama,” ungkapnya.

Lomba perpustakaan ini diikuti oleh 40 perpustakan dibagi empat zona, zona timur, zona utara, zona selatan, zona barat.

Kriteria untuk penilaian dari pengelolaan tadi dari enam komponen itu bagaimana pengelolaannya, bagaimana kerja samanya dengan pihak pihak lain, kemudian pemanfaatan untuk anak,” katanya.

Harapannya semoga perpustakan ini bisa bermanfaat bagi kalayak rame terutama dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan masyarakat sekitar untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa,” terangnya.

Ditempatnya yang sama Kepala Sekolah SDN 1 Weru Kidul Khaerudin Mpd menututurkan ke awak media, kegiatan lomba budaya mutu perpustakaan untuk sekarang tanggal 30 november 2019 ini perwakilan kecamatan Weru yaitu SDN 1 Weru Kidul.

“Yang dilombakan itu kegiatan perpustakaan ini fokus pada kegiatan perpustakaan, kalau untuk lomba gugus jenderal sudirman yang kebetulan tempatnya di SDN 2 Megu Cilik, kalau perpustakaan SDN 1 Weru Kidul kebetulan yang jadi perwakilan Kecamatan Weru.”

Lebih lanjut, kriterianya itu sarana prasarana memenuhi, aktivitas perpustakaan, itu yang penting sarana prasarana memenuhi dulu perpustakaannya ada kemudian aktivitasnya jelas ada mendukung yang lainnya juga kegiatan-kegiatan lain misalnya kegiatan literasi di SD kita itu Alkhamdulillah orang tua siswa itu warga sekolah itu sudah berjalan bukan program lagi tapi sudah pelaksanaan. Jadi kalau pagi melihat anak-anak lagi baca waktu istirahat orang tua murid yang lagi baca itu sudah tidak aneh sudah berjalan sejak tahun 2018 pas bulan desember mengadakan program itu jalan sampai dengan sekarang,” ungkapnya.

Jadi kalau orang tua murid tadinya hanya mengantar anaknya saja untuk sekolah sudah mengantar ya biasanya ibu-ibu ngerumpi kita ganti sekarang ngerumpinya  dipositifkan sambil baca koran, baca majalah dan buku-buku lainnya yang kami sediakan,” terang Khaerudin.

Harapannya yang pertama gunakan perpustakan sebagaimana layaknya, yang kedua hidupkan budaya literasi baik literasi membaca, agama, keuangan, maupun teknologi,” pungkasnya. (Fi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY