Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing Santri : Pondok Pesantren Darul Amanah Gelar Webinar...

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing Santri : Pondok Pesantren Darul Amanah Gelar Webinar English Speaking With Native Speaker

910
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Kendal. Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal hadirkan native speaker dari Universitas Berkeley California pada Webinar dengan tema “Enjoying English Speaking With Native Speaker”. dihadiri oleh Guru Bahasa Inggris, Pembina Bahasa, anggota English Club dan anggota Toefl Class ini dilaksanakan pada 6 Oktober 2020 di kampus Pondok Pesantren Darul Amanah, menghadirkan Daniel Song- B.A of Economic.

Kegiatan bersama Native Speaker (Pengguna Bahasa Inggris Asli) bertujuan diantaranya supaya santri yaitu ; 1. Get to KNOW Different Cultures (Mendapatkan pengetahuan mengenai budaya mereka) 2. RICH REPERTOIRE of Vocabularies and Expressions (Menambah dan memperkaya Kosa kata dan ungkapan-ungkapan tentang bahasa inggris) 3. UNCONSCIOUS Trigger for Motivation (Termotivasi untuk selalu mengasah kemampuan bahasa inggris. UNCONSCIOUS TRIGGER artinya adalah Pancingan/Pemicu secara tidak sadar) 4. Make Friends All around the world (menambah teman) 5. LEARN the perfect PRONOUNCIATION and Rythm of the language (Belajar Logat atau Aksen) 6. RECEIVE instant language correction (Menerima pembetulan secara langsung dari Native Speaker jika kita ada kesalahan dalam tata bahasa maupun kosa kata kita) 7. BOOST Confidence to talk with Other Native Speaker (Menambah Percaya Diri untuk ngomong dengan Pengguna Bahasa Inggris Asli (Native Speaker).

Dalam sambutanya Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Darul Amanah, H. Muhammad Fatwa, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas waktunya kepada Daniel Song berkenan berbagi ilmu untuk santri Pondok Pesantren Darul Amanah meski melalui Virtual.

Beliau berharap anak-anak bisa mengikuti paparan materi yang akan disampaikan oleh Native Speaker dan bisa dipraktekan bersama teman-teman lainya.

“Semoga dengan adanya materi English Speaking With Native Speaker ini bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris santri”, Tutupnya.

Daniel Song, B.A of Economic dalam sesinya menerangkan tentang cara penggunaan aksen dan lafal bahasa inggris baik dan benar.

“Tip dan trik agar bisa berbicara layaknya native speaker. Berikut beberapa tips & triks yaitu mempraktekan kosa kata yang sudah kita punya dgn berbicara dengan teman2 kita”, Papar Daniel Song.

“Jika tidak ada teman bicara, maka bisa dengan berlatih minimal 15 menit dalam sehari dgn diri sendiri”, Imbuhnya.

Beliau menambahkan, dengan banyak membaca koran/cerita inggris, menerjemahkan maupun membaca lirik lagu, maka kita akan terbiasa bertemu dengan kosa kata baru yang akan bisa kita praktekan dalam berbicara bahasa inggris.

“Membaca dan menerjemahkan akan menambah pembendaharaan kosa kata kita semakin bagus dan berpengaruh pada confident seorang santri dalam menyampaikan pendapat saat berbahasa asing (inggris)”, Lanjutnya.

Penguasaan teknologi tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini teknologi adalah bagian dari kehidupan manusia. Alangkah lebih baiknya jika kita memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin, salah satunya adalah untuk mengembangkan speaking skill.

Bisa dengan berlatih speaking english dengan beberapa aplikasi. Pemanfaatan ini menjadi penting dengan mempertimbangkan kurangnya rasa percaya diri para santri.

Jika telah terbiasa dengan berlatih speaking setiap waktu, maka rasa percaya diri akan muncul step by step.

“Tips dan trik terakhir adalah agar kita selalu have fun untuk berbahasa inggris yaitu tidak perlu takut dan salah berbicara inggris”, Tutupnya. (Nur K)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY