Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi UMKM, Pj Wali Kota Harap Pemko Jalin Kemitraan Dengan...

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi UMKM, Pj Wali Kota Harap Pemko Jalin Kemitraan Dengan BUMN

1,843 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Kota Tebingtinggi. Membuka rapat koordinasi (rakor) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ SDGs (Sustainable Development Goals) Kota Tebing Tinggi, Jumat (12/05/2023) di ruang aula kantor Bappeda Jl. Delima No.5,

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP. berharap Pemko (Pemerintah Kota) dapat menjalin kerjasama kemitraan dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Hal ini sebagai salah satu upaya membantu dalam pelatihan dan pendanaan pelaku UMKM untuk memajukan perekonomian di Kota Tebing Tinggi khususnya dalam memajukan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

“Apa yang kita programkan kedepannya, terus ditndaklanjuti,

Bermitra dengan BUMN bertujuan untuk supaya pertumbuhan ekonomi kita Melalui sektor UMKM ini bisa lebih baik,

Hari ini kita bermitra, harus kita tunjukkan kemitraaan ini dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding). Supaya pihak pimpinan dari BUMN ini ada keyakinan dari kemitraan kita dan ini sebagai legalitas hukumnya,” kata Pj. Wali Kota.

Sejalan dengan itu, yakni tekad dan kemauan yang besar, ini merupakan kunci untuk mengembangkan perekonomian khususnya sektor UMKM di Kota Tebing Tinggi.

“Tidak ada yang tidak mungkin, tapi yang penting adanya tekad dan kemauan. Yakinlah bahwa memang membangkitkan sesuatu itu  tidak semudah membalikkan telapak tangan, mengembangkan ekonomi rumah khususnya UMKM mempunyai proses tantangan dan butuh waktu,” kata Pj. Wali Kota.

Sebelumnya dikatakan Pj. Wali Kota, bahwa Kota Tebing Tinggi terpilih sebagai Kota Terbaik ke-2 dari 74 Kota yang terdaftar dalam program “Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) For Cities Tahun 2022” yang diberikan oleh PT. Surveyor Indonesia, APEKSI dan Kementerian PPN/Bappenas di  Sekretariat Nasional SDGs, pada bulan Desember tahun 2022 yang lalu.

“Tidak ada yang tidak mungkin, tapi yang penting adanya tekad dan kemauan. Yakinlah bahwa memang membangkitkan sesuatu tidak semudah membalikkan telapak tangan, mengembangkan ekonomi rumah khususnya UMKM mempunyai proses tantangan dan butuh waktu,”

“Semoga rapat ini nanti akan membuahkan hasil dan dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Rapat Koordinasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ SDGs (Sustainable Development Goals) Kota Tebing Tinggi, secara resmi kami buka,” demikian ujar Pj. Wali Kota.

Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional) Kota Tebing Tinggi Ny. Herliaminda Dimiyathi, SH., M.Kn. mengungkapkan bahwa Kota Tebing Tinggi hanya memiliki sedikit potensi untuk perekonomian. Namun hal tersebut, seperti diungkapkan Ketua Dekranasda, tidak menyurutkan upaya untuk menggali potensi yang bisa dikembangkan.

“Kita tidak memiliki lautan, dan perikanan , sangat sedikit potensi yang ada dan masih kurangnya pelatihan untuk mengembangkan potensi yang ada dan memajukan perekokomian di Kota Tebing Tinggi khususnya di UMKM serta kurang bisa berkompetitif dan dari segi produksi, harga yang dipasarkan masih relatif mahal,” ungkapnya.

“Tetapi kita memiliki berbagai macam produk UMKM, baik dari segi kain songket, tenun kemudian eco print batik dan dari segi makanan yang begitu banyak bervariasi. Bagaimana kita memajukan UMKM di Kota Tebing Tinggi. Kita harus mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional dengan SDM yang bisa kita tingkatkan,” pungkasnya.

Sebelumnya Kadis P3APM Dra. Sri Wahyuni, M.Si. dalam laporan pelaksana kegiatannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri kepala OPD dan pelaku usaha UMKM kurang lebih 30 orang  dan narasumber dari PTPN 3 dan PTPN 4.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, S.Sos., M.SP., Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung, SP., M.Si., perwakilan PTPN 3 Aris Munandar, perwakilan PTPN 4 Rafinaldy Putra Lubis dan tamu undangan perwakilan dari pelaku UMKM di Kota Tebing Tinggi. (Julian)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY