Cek Kesiapan Prokes, Forkopimda Jatim Meninjau Masjid Agung Mojokerto Jelang Shalat Idul...

Cek Kesiapan Prokes, Forkopimda Jatim Meninjau Masjid Agung Mojokerto Jelang Shalat Idul Fitri 1442 H

225
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Mojokerto. Forkopimda Jawa Timur melakukan kunjungan di masjid Agung Al-Fattah Mojokerto kota, pada Rabu (12/5/2021), guna mengecek kesiapan dalam penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) sebelum esok digunakan untuk Sholat Idul Fitri tahun 2021.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto dan Waka Polda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, bersama pejabat utama Polda Jatim dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko, melakukan pengecekan di Masjid-masjid jelang pelaksanaan sholat Idul Fitri.

“Hari ini melakukan peninjauan tempat, yang besok akan dilaksanakan sebagai tempat penyelenggaraan sholat Idul Fitri,” Kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta usai melakukan pengecekan di Masjid Agung Al-Fattah Mojokerto, Rabu (12/5/2021).

Lebih lanjut Gubernur Jatim Khofifah Indar menjelaskan, hal ini dilakukan guna memastikan kesiapan dalam penerapan Prokes yang ketat, serta persiapan lain seperti persiapan katong plastik untuk sandal para jamaah.

Kita ingin memastikan bahwa seluruh proses akan mentaati protokol kesehatan yang ketat. “Dari mulai jumlah jemaahnya proses mereka masuk ke masjid karena ini sholatnya di masjid. Ada tempat untuk menyimpan sandal atau sepatu. Itu penting dan dibawa masing-masing ke samping di mana shof mereka akan melaksanakan salat,” tandasnya.

Itu menjadi penting karena titik-titik yang potensial kemungkinan terjadinya kerumunan itu memang harus betul-betul diantisipasi.

“Kalau mereka membawa sandal masing-masing, maka Kembali, mereka tidak akan mencari sandal mereka. Apalagi informasi dari takmir masjid, bahwa besok ada jajaran dari polisi dan polwan untuk mengatur kepulangan,” papar Gubernur Jatim Khofifah.

Pola-pola yang dilakukan nanti diharapkan akan terjaga, bagaimana shalat terselenggara dengan khidmat, khusyuk, serta protokol kesehatan bisa diikuti dengan baik dan semua bisa melakukan dengan hikmat.

Berikutnya kita mohon para calon jamaah, “Sholat Idul Fitri besok carilah masjid dan lapangan terdekat dari rumah tinggal. Itu jadi penting carilah masjid dan lapangan terdekat di mana mereka berdomisili. Ada kekhawatiran misalnya berangkatnya paspasan ternyata terkena penyekatan akhirnya tidak bisa sholat,” imbau Gubernur Jatim.

Pastikan komunikasi dengan penyelenggara PPKM Mikro. Satgas Covid disini paling bawah. “Apakah RT, RW, ataukah kepala desa, kalau di kota, apakah dengan lurah, babinsa, Bhabinkamtibmas. Masjid mana yang menyelenggarakan shalat ied, atau lapangan mana yang akan digunakan shalat Ied. Pastikan shalat ied di tempat terdekat dengan rumah tinggal masing-masing,” pungkasnya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Hari R)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY