Dafduk Capil Fokus Garap KTP El Kategori PRR

Dafduk Capil Fokus Garap KTP El Kategori PRR

109 views
0
SHARE

Suara Indonesia News -Kabupaten Cirebon, Permasalahan KTP el yang tahun lalu sempat tersendat karena ketiadaan blanko saat ini sudah mulai lancar, sesuai instruksi Kemendagri melalui Dirjen Dafduk untuk segera menyelesaikan pencetakan  KTP el untuk masyarakat yang belum pernah memiliki KTP el tapi sudah memiliki Suket (surat keterangan) dari Kecamatan, untuk Kabupaten Cirebon jumlahnya sekitar 50.000  KTP el yang harus dicetak dan saat ini tinggal 40.000 lagi, ungkap M. Sardar Ernedin Kabid Dafduk  Dinas Dukcapil yang akrab disapa Eren di ruang kerjanya (Rabu, 19 februari 2020).

Untuk pencetakan KTP el PRR (Print Ready Record) setiap hari ditargetkan bisa mencetak 3.000 keping KTP supaya di bulan maret target 50.000 bisa terkover semuanya. Sementara untuk pencetakan KTP el yang lama dengan perubahan data, hilang ataupun rusak tetap berjalan seperti biasa dan sekitar 600 keping setiap harinya.

Ketika ditanya untuk warga yang berusia 17 tahun lewat satu bulan belum memiliki KTP dan ada denda 10.000,  benar tidak? Info yang didapat dari Kasie Yanum Kecamatan Klangenan saat Musrenbang menjelaskan adanya denda sebesar Rp. 10.000 bagi warga berusia 17 tahun lebih yang belum memiliki KTP berdasar Perbup terbaru. Eren Kabid Dafduk menjelaskan kalau perbup itu berlaku untuk akte kelahiran yang dulunya akan dikenakan denda bila membuat akte lewat dari 6 bulan, sekarang dirubah masa tahunnya menjadi 18 tahun belum memiliki akte akan dikenakan denda. Saat pembuatan akte masih dibawah usia 18 tahun tidak dikenakan denda dan biaya apapun juga sama seperti KTP el., bila ada dari petugas kita di kantor Disdukcapil ini ada yang meminta uang laporkan saja dan akan ditegur keras tapi bila memberikan upah pada orang yang disuruh mengurus pencetakan di kantor, itu beda kasusnya dan bukan dari petugas kami yang meminta bayaran tapi untuk ongkos transpornya mereka yang mengurusnya. Kami menutup mata untuk soal tersebut, ungkap Eren menutup perbincangan. (Hatta)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY