Delman Transportasi Tradisonal Khas Kuningan Perlu Dilestarikan

Delman Transportasi Tradisonal Khas Kuningan Perlu Dilestarikan

153
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Kuningan. Kabupaten Kuningan Jawa Barat syarat akan sejuta tradisi, ciri khas maupun wisata legenda. Daya tarik kawasan kuningan selain alam yang mempesona, tradisi adat dan kebudayaan selalu berjalan seiringan.

Salah satu khas kuningan identik dengan sosok kuda putih, atau Delman. bahkan saat ini delman kuningan sebagai  alat transportasi tradisonal masih banyak digunakan masyarakat maupun wisatawan ketika berkunjung ke wilayah kabupaten kuningan.

Salah satu pusat Delman/ Dokar, di Desa Cilimus, Kecamatan Cilimus, kabupaten Kuningan tepatnya dipasar modern yang cukup besar yang bernama pasar Cilimus,

Dokar/ delman merupakan kendaraan yang sangat banyak digunakan untuk transportasi masyarakat usai belanja dipasar.

Sementara pasar cilimus sendiri berada persis di jalan lintas kuningan-cirebon yang merupakan jalur utama yang menghubungkan wilayah utara dan tengah hingga daerah selatan Jawa barat.

Sedanglan jam operasional sendiri, angkutan Delman/Dokar ini beroprasi dari pukul 06.00 s/d.12.00 wib,

Menurut Kashub terminal cilimus  Kuningan Cecep Yono kepada tim media suaraindonesianews.com, mengatakan saat ini  Dokar/ Delman sendiri yang beroperasi di cilimus ini ada sekitar kurang lebih 36 Dokar/Delman itu dari berbagai daerah seperti, desa cilebu, sampora, bojong, Panawuan, timbang, sangkanurip dll, ujarnya.

Sementara  kordinator Dokar/Delman  Ajis kepada tim media suaraindonesianews.com berharap, Dokar/delman cilimus harus tetap di lestarikan sampai kapan pun jangan sampe punah. ini memang sudah ada dari jaman nenek moyang sendiri bahkan Dokar/delman ini sebagai IKON kabupaten Kuningan sendiri, ujar nya. (Rie)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY