Dinas Sosial Aceh Tenggara Adakan Sosialisasi Transformasi Bantuan Sosial Pangan Beras Sejahtera...

Dinas Sosial Aceh Tenggara Adakan Sosialisasi Transformasi Bantuan Sosial Pangan Beras Sejahtera (Rastra)

96 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Aceh Tenggara, Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, melalui Dinas sosial,  mengadakan acara sosialisasi bantuan pangan non tunai (BPNT) di Aula kantor Bapeda Aceh Tenggara, jumat 20/09-19.

Acara sosialisasi BPNT ini, dihadiri seluruh Camat dan Kepala Desa Se Kabupaten Aceh Tenggara dan tamu undangan lainnya .

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tenggara, Karimin pada sesi pembukaan menerangkan, bahwa BPNT merupakan transformasi bantuan pangan yang biasa di sebut beras sejahtera (Rastra) beralih ke bantuan pangan non tunai yang di sebut dengan BPNT,

Karimin juga  menambahkan, selama ini masyarakat hanya menerima beras sejahtera rastra, perbulan sebanyak 10 kilogram, namun dengan adanya program BPNT warga yang terdaftar dalam Base data terpadu (BDT) dapat mengambil bantuan secara non tunai dengan menggunakan kartu keluaga sejahtera (KKS) yang terintegrasi dengan perbankan di E- warung (warung elektronik) yang tersebar di masing masing Kecamatan.

Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Asisten III Sudirman mengatakan, bahwa program ini merupakan program pemerintah melalui Kepres Nomor 11 Tahun 2018 tentang penyaluran bantuan pangan non tunai, hal ini bertujuan untuk memastikan program tepat sasaran,  jumlah, waktu, harga, kualitas dan tepat administrasi.

Melalui adanya program BPNT di harapkan dapat memberikan pilihan kepada penerima manfaat dalam memilih jenis, kualitas, harga, dan tempat pembelian bahan pangan.

Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kelompok sasaran dan memberikan gizi yang lebih layak serta memberikan akses keuangan bagi warga miskin hingga  dalam peningkatan kesejahteraan.

Hal ini sesuai dengan arahan presiden Republik Indonesia pada 26 April 2016 lalu, bahwasanya penyaluran bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara nontunai serta bantuan sosial tersebut menggunakan sistem perbankan agar dapat mendukung perilaku produktif.

” Program ini bertujuan meningkatnya efisiensi penyaluran bantuan sosial dan meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan keuangan perbankan hingga meningkatkan teransaksi non tunai   atau GNT gerakan nasional non tunai , tegasnya. (Yusuf)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY