Dr. Ratu N. Suningrat, SH, MH, Promosikan UNU Hingga Keliling Nusantara

Dr. Ratu N. Suningrat, SH, MH, Promosikan UNU Hingga Keliling Nusantara

5191
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Kota Cirebon. Ramadan baru saja berlalu dan hari yang fitripun telah berlalu pula. Kegiatan masyarakat Adat selama bulan Ramadon umumnya padat dengan kegiatan ibadah.

Namun demikian kegiatan yang dilakukan Dr. N. Suningrat, SH, MH, yang lebih di kenal bunda Ratu Suningrat Prajakusumah dari Lemah Sagandu Tembong Agung Medang larangan, berbeda beliau justru safari keliling Nusantara dari Mulai ke Ternate, Ambon, Masohi Maluku Tengah, Mendano Makasar hingga ke Sorong Papua Barat selain beliau Bertemu dengan Raja dan Sultan beliau juga langsung bertemu dengan masyarakat Adat, dengan komunikasi yang merakyat beliau dengan sabar mendengarkan keluhan masyarakat Adat dalam hal permasalahan Adat yg mereka hadapi. (16/05-2021)

Hal ini terjadi karena dari sejarah budaya bangsa bahwa adat budaya nusantara yang beraneka ragam telah tumbuh dan  memiliki norma-norma adat budaya masing-masing yang tetap dijaga dan dilestarikan, terdapat norma batasan tertentu mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan seiring dengan kepercayaan dan aliran kepercayaan yang diyakini, dimana dari masing-masing adat budaya ada dalam satu adat budaya lokal yang memiliki agama dan kepercayaan berbeda-beda pula namun tetap dijaga tata nilai dan norma adat budaya lokal atau yg lebih kita kenal kearifan lokal.

Kearifan lokal tersebut di dalam masyarakat adat nusantara seharusnya bersatu padu berdasarkan Pancasila dan UUD 45  yaitu dengan saling menghormati dan saling menghargai adanya perbedaan antar suku budaya lokal dan agama kepercayaan masing-masing, yang kita sebut dengan toleransi antar umat beragama yang telah diamanatkan dalam UUD 45 dan Pancasila.

Dalam kearifan lokal ini sering juga tetap ada benturan atau gesekan-gesekan inilah yang dengan sabar dan bijaksana bunda Ratu memberikan arahan dan wejangan serta jalan keluarnya, karena bila di perhatikan dengan seksama pada umumnya ada saja segelintir atau sekelompok yang mencederai atau menghianati sifat budi akal baik yang diberikan Tuhan  Maha Kuasa, menghianati tata nilai adat lokal maupun Nusantara serta mencederai atau menghianati dirinya selaku masyarakat adat yang merupakan warga negara sebagai bangsa NKRI yang memiliki nilai-nilai falsafah hidup bangsa Pancasila dan UUD negara RI yang kita cintai dan jungjung bersama.

Nilai-nilai falsafah hidup jiwa bangsa Pancasila dan UUD 45 telah tumbuh dan berkembang pada masyarakat adat dalam lingkungan adat budaya lokal dan budaya Nusantara yang menjadi ciri khas  kehidupan berbangsa dan bernegara  di Negara Kesatuan RI yang kita cintai harus dijaga dalam tiap tingkatan lingkungan kehidupan selaku masyarakat adat, adat budaya lokal  dan adat budaya nusantara ini juga merupakan cara dalam setiap menjaga hubungan sosial kehidupan.

Menurut Bunda Ratu peningkatan dari tingkat pendidikan harus ditingkatkan, Dalam hal ini beliau menyarankan agar setelah selasai SMA dapat melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi salah satunya ke Universitas Nahdatul Ulama Cirebon, karena di kampus UNU  mahasiswa bisa berada dimanapun  karena pembelajarannya lewat internet dan  sudah dilakukan  UNU jauh sebelum masa pandemi Covid 19.

Artinya calon mahasiswa bisa dari wilayah atau daerah Propinsi manapun sampai ke tingkat pedesaan yang sangat terpencil pun bisa asal ada jaringan internet untuk komunikasi, Universitas Nahdatul Ulama Cirebon memiliki 2 kampus, Kampus 1 Jalan Sisingamangaraja  no 33, telpon 0231 235900 Kampus 2 di Jalan Dr. Cipto mangun kusumo no 288 telpon 0231 8806799. Di dua kampus tersebut  terdapat beberapa fakultas yaitu Fakultas hukum dimana saya sebagai salah satu Dosennya, kemudian Fakultas Agama Islam dan Filsafat (FAIF), Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Perikanan dan pertanian serta Fakultas Maritim.

Keunggulannya di UNU Program E-learning perkuliahan mudah untuk siapa saja dan dimana saja maka itu kita  sebagai contoh  sudah ada Alumni yang mahasiswa berasal dari Sorong Papua Barat.

Selain itu Program Internasional UNU  Smart Classroom Kelas Berbasis Teknologi Bertaraf Internasional, juga memiliki Kios Warnet NU Digital, modern Digital Platform, Kios warga atau mini market.

Untuk pendaftaran LPMB kampus 2 UNU Cirebon Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo nomer 288 Link Pendaftaran Online : pmb.unucirebon.ac.id.

Sementara Warek 3 UNU Cirebon, Djodjo Sutardjo SE.,MM mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Doktor jebolan Unibraw Malang itu. “Dengan masuknya Ratu Suningrat ke Jajaran UNU Cirebon, diyakini Kualitas akademinya akan menambah spirit ke arah yang lebih baik dan maju,” ujar Djodjo Sutardjo.

Bunda Ratu berharap dengan safari Ramadan untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat adat selain langsung bisa bertatap muka seperti yang masyarakat Adat kehendaki karena beliau sudah lama  ditunggu karena sebagai sosok tokoh adat dan budaya nasional, maka beliau juga sempatkan untuk sosialisasi UNU dimana untuk semester depan beliau masuk di jajaran civitas akademika UNU baik sebagai dosen maupun sebagai Pembina di Pusat Bantuan Hukum UNU. Beliau menerapkan Tridharma Perguruan Tinggi dalam hal terjun langsung ke masyarakat selain juga Rektor UNU itu Ketua PBNU sekarang  KH. Aqil Siradj, orang tua kita semua. (Hatta)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY