Eksistensi Pondok Pesantren Pesantren DAR AL-QUR’AN di Era Globalisasi

Eksistensi Pondok Pesantren Pesantren DAR AL-QUR’AN di Era Globalisasi

350
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Kendal. Pondok Pesantren DAR AL-QUR’AN adalah Pesantren Tahfidz Al-Qur’an yang mengembangkan model pendidikan terintegrasi yang memadukan pengembangan akhlak, karakter, dan potensi diri dengan mengusung nilai-nilai Islami. Selain Ilmu Agama, Pesantren ini juga mengajarkan secara intensif pendidikan bahasa Arab dan Leadership. Diharapkan para santri menjadi Pemimpin Masa Depan yang Hafal Al Qur’an, Berilmu, Berakhlaq dan Berkarakter.

Melahirkan kembali generasi penegak kejayaan Islam yang akan mengembalikan masyarakat muslim kepada masa keemasannya, kepada Al-Qur’an, kepada kemurnian ajaran Islam, kepada Aqidah yang lurus dan Akhlaqul karimah yang berlandaskan Al-Quran, dan As-Sunnah, serta berdasarkan pemahaman ulama salaf Ahlus Sunnah wal Jama’ah. (08/01-2021)

Pondok Pesantren DAR Al-QUR’AN terletak di di Desa Pucakwangi Pageruyung Kendal. Pesantren ini dahulu bernama “PONDOK PESANTREN TARBIYATU AHLUSSUNNAH WALJAMA’AH”. Sebuah wahana perjuangan dalam pelestarian Pendidikan Al Qur’an yang didirikan pada tahun 1989 dihadapan Para Kiai dan tokoh-tokoh masyarakat sedesa Pucakwangi antara lain : Kiai Masykur, Kiai Ahmad Ridlwan, Kiai Mukhlasin, Ust. Achmad Sochari, Ust. Akhyar, Ust. Sholeh Rofi’I, Ust. Fatoni, Ust. Sholkhan, Ust. Abdul Qodir, Ust. Warodi, dan KADES Kadari Susanto.

Kiai Achmad Sochari memberanikan diri atas restu mereka untuk meneruskan cita-cita luhur tersebut dibantu oleh istri saya. (Ny. Yuhana ‘Afiyatul Fuad) dan segenap lapisan masyarakat sekitar dan para dermawan dari berbagai daerah yang sangat berjasa bagi perkembangan Pondok Pesantren DAR AL QUR’AN. selanjutnya atas petunjuk dukungan dan do,a para masyayih,  Maka pada tanggal  17 Robi’ul awwal 1412 H /13 November 1991 M  terealisir pembangunan fisik 1 (satu) buah gedung berlantai 2(dua) untuk aula dan tempat para santri putra, sedangkan para santri putri masih menempati rumah kami di lantai 2 (dua) dan pada tahun-tahun berikutnya kita berlanjut sampai dengan pembangunan gedung berlantai tiga untuk tempat para santri putri.

Santri putra dan putri Pondok Pesantren DAR AL-QUR’AN berasal dari berbagai daerah dengan harapan bisa menjadi penghafal Al-Qur’an dan bisa mengamalkan dimasyarakat kelak.

Kegiatan utama Pondok Pesantren DAR AL QUR’AN paling banyak adalah kegiatan di Bidang Tarbiyah Takhfidhul Qur’an, pengkajian kitab-kitab salaf, dan kegiatan ketrampilan. Sejalan dengan bertambahnya pengalaman Pondok Pesantren DAR AL QUR’AN, kemudian berkembang ke bidang– bidang kegiatan lain,  diantaranya : Peternakan, Pertanian, Pertukangan dan Elektronika.

Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan berbagai pekerjaannya, Pondok Pesantren DAR AL QUR’AN telah melengkapi perlengkapan dan peralatan yang cukup memadai antara lain: Gedung santri Putra dan gedung santri Putri, Aula Pondok Pesantren Putra dan Putri, Mushola, Sarana Air Bersih, Penerangan Listrik(PLN) dan Emergency (generator).

Ditengah perkembangan zaman Pondok Pesantren DAR AL-QUR’AN tetap menjadi lembaga pendidikan di tengah-tengah kehidupan masyarakat memberikan arti tersendiri, yaitu sebagai manifestasi nilai-nilai pengabdian dan perhatian kepada masyarakat. (Nur K)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY