Eksistensi Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Huffadh “Darul Khittoh” di Era Globalisasi

Eksistensi Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Huffadh “Darul Khittoh” di Era Globalisasi

640
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Kendal. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an adalah pesantren yang didedikasikan untuk membangun generasi Qur’ani yang cinta Al Qur’an hingga mengamalkannya, membentuk generasi yang berkarakter & visioner berdasarkan tuntunan agama Islam yang lurus dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melahirkan kembali generasi penegak kejayaan Islam yang akan mengembalikan masyarakat muslim kepada masa keemasannya, kepada Al-Qur’an, kepada kemurnian ajaran Islam, kepada Aqidah yang lurus dan Akhlaqul karimah yang berlandaskan Al-Quran, dan As-Sunnah, serta berdasarkan pemahaman ulama salaf Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Salah satunya adalah Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Huffadh “Darul Khittoh” yang beralamat Desa Tlahab, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Di ponpes ini, para santri belajar dan dididik untuk menjadi penghafal Al Quran. Yuk, kenali lebih dekat tentang pesantren untuk penghafal Al Quran. (09/10-20)

Pondok Pesantren Putra dan Putri Al Huffadh “Darul Khittoh: didirikan pada tahun 2007 oleh KH. Masykur Said, seorang kiai yang sangat dikenal keilmuannya, terutama dalam bidang al-Qur’an dan Thariqah.

Pesantren yang terletak di pesisir pantai utara jawa ini sangat kental akan khazanah islam dikarenakan tetap menjaga tradisi-tradisi keislaman ditengah modernisasi zaman.

Santri putra dan putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Huffadh “Darul Khittoh” berasal dari berbagai kota dengan harapan bisa menjadi penghafal Al-Qur’an dan bisa mengamalkan dimasyarakat kelak.

Kegiatan harian wajib yang dilakukan oleh santri adalah ngaji sorogan Al-Qur’an yang dilaksanakan setiap selesai sholat Maghrib dan setelah sholat subuh dilanjutkan Tadarus Al-Qur’an yang dibina langsung oleh pembimbing.

Selain itu santri pada hari tertentu belajar kajian kitab kuning, adapun kitab yang dikaji dipesantren ini adalah kitab tafsir Jalalain, kitab-kitab klasik Madzab Imam Syafi’i, Pendalaman ilmu alat (Nahwu dan Shorof) dan beberapa kitab lainya.

Untuk kegiatan mingguan santri pondok pesantren darul khittoh adalah setiap hari jum’at yaitu pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Kajian kitab-kitab kuning yang diikuti oleh masyarakat umum yang dilaksanakan setiap malam rabu.

Adapun kegiatan bulanan yaitu pada hari kamis wage tepatnya setelah isya mengadakan pembacaan sholawat dalailulkhoirot dan Maulid Nabi Muhammad SAW yang juga diikuti oleh masyarakat umum.

Untuk kegiatan tahunannya Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Huffadh “Darul Khittoh” yaitu melaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, santunan anak yatim dan beberapa kegiatan peringatan hari besar islam lainya yang diikuti seluruh santri dan masyarakat umum.

Ditengah perkembangan zaman Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Huffadh “Darul Khittoh” tetap menjadi lembaga pendidikan di tengah-tengah kehidupan masyarakat memberikan arti tersendiri, yaitu sebagai manifestasi nilai-nilai pengabdian dan perhatian kepada masyarakat. (Nur K)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY