Festival Marawis Tingkat Kecamatan Plumbon tahun 2019, Lahirkan Genjring Santri

Festival Marawis Tingkat Kecamatan Plumbon tahun 2019, Lahirkan Genjring Santri

122 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Cirebon, Festival Marawis Tingkat Kecamatan Plumbon dalam rangka hari santri dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di Kecamatan Plumbon. Minggu (1/12/2019).

Camat Plumbon Mohamad Fery Afrudin, S.STP mengatakan, berkaitan dengan kegiatan festival marawis tingkat kecamatan plumbon ini merupakan aspirasi dari masyarakat kecamatan plumbon malalui forum musrembrang kecamatan plumbon tahun 2018 dan Alkhamdulillah berkat kerja sama dengan dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga kabupaten cirebon usulan kami direalisasikan di akomodir dalam bentuk kegiatan festival marawis yang intinya adalah sebagai syiar dan hari santri karena sekaligus ini merupakan sebagai rangkaian dari peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di tingkat kecamatan Plumbon.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, sebagai syiar agama islam terutama keagungan Kanjeng Nabi Muhammad SAW bisa kita gaungkan secara luas khususnya di kecamatan plumbon yang mana akhirnya meningkatkan kecintaan kita kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW di samping untuk media ataupun juga memberikan kesempatan memberikan panggung bagi rekan-rekan yang berkecimpung dalam grup marawis baik karang taruna maupun juga ibu-ibu majelis taklim ataupun juga remaja masjid yang ada di kecamatan Plumbon ini untuk  dapat memberikan penampilan terbaik yang selama ini dipraktekkan di lingkungannya masing-masing dalam setiap latihan ataupun dalam setiap pentas keagamaan yang ada di wilayah desanya masing-masing.” Terangnya.

Ketua panitia festival marawis H. Topik mengatakan, kegiatan ini mungkin dari musrembang Kecamatan Plumbon dari fik, Alkhamdulillah masyarakat begitu antusias dan bagus sekali dengan acara festival marawis tingkat Kecamatan Plumbon ini bisa dua tahun sekali kita akan melaksanakan, sudah dibicarakan dengan teman-teman dewan juri untuk tahun depan lebih baik dan mempersiapkan lebih matang lagi dan tidak main-main gimana caranya kabupaten Cirebon kita buat Genjring Santri. Saya tadi bicara dengan akang nanta begitu antusiasnya festival marawis begitu rame kita bareng-bareng inilah Cirebon, Jawa Timur punya sendiri, Jawa Tengah punya sendiri, Cirebon juga ada yang namanya Genjring Santri kita buat karena adanya hari santri nasional kita buat Genjring Santri bukan berarti ikut-ikutan saja kita garap dengan baik,” beber H. Topik.

Festival Marawis ini diikuti oleh para pesertanya ada tiga belas desa Alkhamdulillah yang mengikuti itu ada sembilan desa yang ada di Kecamatan Plumbon karena lomba festival marawis ini tingkat kecamatan ya memang khusus Kecamatan Plumbon kalau tingkat kabupaten yang mungkin lebih banyak lagi para pesertanya,” katanya.

Dikesempatan yang sama dewan juri festival marawis Hilal mengatakan, Alkhamdulillah dengan kegiatan ini kita bisa berkumpul yang terpenting adalah silaturahim antar pengenjring (marawis) ya antar setiap grup solawat karena di kabupaten cirebon ini banyak yang hadroh tapi dengan ada media seperti ini maka silaturahim antar solawat dan umat juga dari tiap daerah kita bisa saling mengenal satu sama lain.

Dalam festival marawis ini ada berbagai katagori juara itu ada empat katagori adalah untuk juara katagori grup terbaik, juara katagori arasemen musik terbaik,  juara katagori vokal terbaik dan juara katagori kostum terbaik,” ungkapnya.

Harapannya dengan adanya festival marawis kedepannya ini dalam rangka nilai dakwah juga karena dengan bersolawat ini Insya Allah diterima di kalangan manapun maka dengan kita bersholawat di tiap wilayah, di kecamatan, tiap desa ini harapan kita semua cinta kepada Nabi Muhammad SAW dan seneng bersolawat,” pungkasnya. (Fi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY