Kabupaten Konawe Mulai Realisasikan Pembangunan LPM

Kabupaten Konawe Mulai Realisasikan Pembangunan LPM

1,099 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat, Pemkab Konawe mulai merealisasikan dengan peletakan batu pertama pembangunan salah satu LPM di kelurahan Mekar Sari, kecamatan Tongauna.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe Muhammad Akbar mengatakan, realisasi bantuan pusat itu telah dilaksanakan pada tahap pertama dengan pembangunan LPM. Yang mana, pembangunannya dilakukan secara swakelola sebab dana pusat untuk pembangunan LPM langsung ditransfer ke rekening milik kelompok tani (Poktan).

Bantuan ini untuk membangun lantai jemur, gudang serta fasilitas lainnya seperti Rice Milling Unit (RMU). Namun untuk item lain seperti RMU dan mesin pengeringnya, sistemnya katalog atau lelang,” ujar Muhammad Akbar beberapa waktu lalu.

Lanjut Muhammad Akbar, bantuan dari pemerintah pusat itu berasal dari dana alokasi khusus (DAK) yang bersumber dari APBN sebesar Rp 7 Miliarm diperuntukkan bagi tujuh gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang tersebar pada beberapa kecamatan di  Konawe.

Yang mana, setiap Gapoktan akan mendapatkan bantuan pembangunan LPM sebesar Rp 1 Miliar. Awalnya pihaknya mengusulkan jumlah penerima bantuan itu sebanyak 14 Gapoktan, namun setelah dilakukan verifikasi dari pusat, hanya tujuh Gapoktan yang memenuhi syarat menerima bantuan itu.

Dengan bertambahnya LPM di Konawe, ini dapat menjadi pendukung dan support bagi para petani kita untuk memanfaatkan LPM tersebut. Terutama di wilayah penyangga. Sehingga tidak ada lagi gabah para petani yang tertinggal. Dan tentunya, ini juga untuk terus menggenjot peningkatan produksi beras kita di Konawe, tutup Muhammad Akbar. (Red SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY