Kafilah Kecamatan Bantan, Bengkalis dan Bukit Batu, Rajai MTQ Ke- 44 Kabupaten...

Kafilah Kecamatan Bantan, Bengkalis dan Bukit Batu, Rajai MTQ Ke- 44 Kabupaten Bengkalis di Mandau

442 views
0
SHARE
Teks foto: Camat Ade Suwirman menyerahkan piala bergilir MTQ ke- 43 ke Bupati Amril Mukminin untuk diperebutkan kembali di MTQ ke- 44 di Mandau.

Suara Indonesia News – Bangkalis, Di Kabupaten Bengkalis, ada 5 kecamatan yang nama awalnya huruf “B”. Dari 5 kecamatan itu, ada yang hanya satu kata, dan ada pula terdiri dari dua kata. Kecamatan berawalan “B” yang satu kata (sesuai abjab) adalah, Bantan, Bengkalis dan Bukit Batu. Sedangkan yang disusun dari dua kata, yakni Bandar Laksamana dan Bathin Solapan.

Kecamatan Bandar Laksamana, sama dengan Bathin Solapan, merupakan kecamatan baru usianya belum 5 tahun. Bersama Talang Muandau, Bandar Laksamana, yang dimekarkan dari Kecamatan Bukit Batu dan Bathin Solapan dari Mandau, resmi terbentuk sejak Kamis, 9 februari 2017 lalu.

Peresmian ketiga kecamatan ini dilakukan Bupati Amril Mukminin dalam sebuah acara khusus yang dipusatkan di halaman gedung LAMR Kecamatan Mandau, di kawasan Pokok Jengkol, Kelurahan Batang Serosa, Duri. Dibandingkan dengan kecamatan Bantan, Bengkalis dan Bukit Batu, Kecamatan Bandar Laksamana dan Bathin Solapan memang masih junior.

Ket foto: Astaka utama MTQ ke 44 Tingkat Kabupaten Bengkalis di Kecamatan Mandau.

Faktor senior dan junior ini nampaknya juga berpengaruh di ajang MTQ ke- 44 tingkat Kabupaten Bengkalis, tahun 2019 di Kecamatan Mandau.

Pasalnya, dari lima kecamatan di kabupaten dengan sebelas kecamatan ini,  yang nama awalnya huruf “B”, kecamatan Bantan, Bengkalis dan Bukit Batu “merajai” MTQ ke- 44 yang akan berakhir Sabtu malam, 28 September mendatang.

Dari ketiga kecamatan tersebut, kecamatan Bengkalis, digadang-gadangan bakal kembali menjadi juara umum sebagaimana MTQ ke- 43 di Bukit Batu tahun 2018 lalu dan MTQ ke- 42 di Pinggir tahun 2017.

Prediksi ini tentu bukan tanpa data. Pasalnya, jika dihitung berdasarkan jumlah peserta yang masuk ke babak final, utusan kecamatan yang dipimpin Ade Suwirman ini lebih banyak dibandingkan kafilah dari 10 kecamatan lainnya. Totalnya sekitar 27 peserta. Terdiri dari 18 peserta individu dan 9 orang peserta dari 3 regu di cabang fahmil 2 dan syarhil 1 regu.

Sementara kafilah terbanyak kedua yang masuk ke babak final adalah Bantan. Kecamatan yang dipimpin Camat Supandi ini masuk final di 5 cabang dari 7 cabang dilombakan. Yakni, cabang Tahfidz dan Tafsir qur’an dimana Bantan tidak mengutus duta terbaiknya.

Jumlah peserta asal kecamatan yang saat ini dipimpin mantan Sekretaris Dinas Sosial ini sebanyak 17 peserta. Terdiri dari 11 peserta individu dan 2 regu dengan 6 orang peserta.

Kemudian disusul kafilah Bukit Batu sebanyak 13 peserta dengan 7 peserta individu dan 2 regu dengan 6 orang peserta.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan sesuai prediksi dan harapan”, itulah tanggapan Camat Ade Suwirman, Kamis, 26 September 2019, ketika diminta komentarnya atas prakiraan dan peluang kafilah Bengkalis mengulang sukses MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis di Bukit Batu 2018 dan Pinggir 2017.

Adapun harapan yang dimaksudkan Camat Ade Suwirman tersebut, adalah target yang pernah disampaikannya sebelum MTQ ke- 44 di Mandau, tersebut dibuka secara resmi Bupati Amril Mukminin, Jum’at malam, 20 September 2019.

“InsyahAllah, kami bertekad mempertahankan juara umum tiga tahun berturut-turut”, jelas Ade Suwirman, Sabtu, 26 September 2019. (musrialdi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY