LSM BARAPEN Papua, Tanggapi Permintaan LSM WGAB Papua Yang Meminta Kasatker PJN...

LSM BARAPEN Papua, Tanggapi Permintaan LSM WGAB Papua Yang Meminta Kasatker PJN Jayapura Dicopot Dari Jabatannya

268 views
0
SHARE
LSM BARAPEN EdisonSuebu,SH & WGAP Papua Yerry Basri,MAK

Suara Indonesia News – Jayapura, Ketua LSM Barisan Rakyat Peduli Nusantara (BARAPEN) Papua, Edison Suebu,SH,  Saat berkomentar ke media, terkait dengan pernyataan sikap LSM WGAB Papua beberapa hari lalu disalah satu media online yang meminta Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 1 Jayapura, Saut Muthe, ST untuk diganti dari jabatannya, BARAPEN sangat menyetujuinya.

Menurut Edi sapaan akrab Ketua LSM Barapen Papua ini mengatakan, kalau bisa Kementerian PUPR sekalian juga mengganti Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XVIII Provinsi Papua, Ir. Osman H Marbun, juga harus diganti dari jabatannya karna sudah terlalu lama menjabat Kepala Balai PJN Di Jayapura, mungkin mereka ini sudah bosan atau capek dengan tugas mereka di Papua hingga harus diganti, untuk itu kami sebagai LSM sangat berharap kepada pihak Kementerian PUPR agar dapat menerima permintaan kami BARAPEN dan WGAB Papua untuk dapat segera mengganti Kepala Balai dan Kasatker ini karna dinilai tidak bersinergi dengan LSM dan juga para pewarta lainnya yang hendak konfirmasi terkait pekerjaan Ruas Jalan Nasional di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Mereka sangat tertutup dan tidak ada keterbukaan informasi publik sesuai dengan apa yang telah  diamanatkan dalam Undang – undang No.14.Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, bahkan sering marah juga temparamen tinggi ketika hendak dikonfirmasi tentang kinerjanya, jika ditelpon oleh LSM atau awak media Kasatker selalu menjawab kenapa telpon2 saya, ada apa ini, apa saya ada hutang kah, berapa hutang saya dikalian, kalian hanya mencari cari kesalahan saja, bahasa itu yg sering keluar dari Kasatker PJN Wilayah 1 Jayapura, dia juga memblokir rekan rekan wartawan jika sering tanya tanya atau hendak konfirmasi dengannya terkait kinerjanya, sungguh sangat luar biasa dan hebat pimpinan atau pejabat yg satu ini, tak bijak seorang pejabat seperti ini “Terang Edi yang kebetulan sedang bersama dengan Yerry, dan Ketua LSM WGAB ini membenarkan keterangan Edi.

Kedua LSM dan Aktivis ini, rabu, 27 maret 2019 (kemarin) menegaskan, kami akan mendesak Kementerian PUPR untuk menggantikan ataupun merolling jabatan yang kini masih dipegang Ir. Osman H. Marbun, Kabalai Serta Saut P, Munte,ST sebagai kasatker.

Ditanyai alasan kenapa kedua  pimpinan itu harus dicopot jabatannya atau pun dirolling ke orang lain, Edy dan Yerry pun memberi penjelasan yang sama,

“Dari kami LSM  BARAPEN dan WGAB, kembali kami bersuara untuk Kementerian PUPR di Jakarta supaya ganti kedua pimpinan tersebut.

Kepala balai ini kami rasa sudah cukup lama menjabat di Balai PJN Papua. Selain itu, kami juga sudah sering kali menerima informasi dan laporan masyarakat tentang gaya kepemimpinannya. Kami juga sudah pernah mengalaminya sendiri ketika datang di kantor Balai dan mengenai pelayanan publik sama sekali kami amati kurang bagus.

Hampir kebanyakan bahasa yang keluar dari stafnya bila kami datang hendak bertemu dengan kabalai, dibilang pak kabalai sedang rapat, sedang sibuk, sedang tidak enak badan dan sedang keluar.

Kalau benaran keluar tidak apa, kalau benaran rapat tidak apa, kalau benaran tidak enak badan tidak apa.  Kalau benaran tidak terima tamu, alasannya apa dan mengapa..? Dari alasan-alasan itu ada yang disengaja karena memang tak mau terima tamu atau diganggu oleh LSM dan Media.

Dalam pantauan kami, untuk pelayanan publik Kepala Balai ini kami menilai kurang bagus. Lagian dia sudah cukup lama bertugas di Papua memimpin Balai, jadi kami minta dia diganti saja ke pejabat yang lain. Kalau bisa, Kementerian PUPR perhatikan juga orang asli Papua yang sudah tentunya memiliki persyaratan yang lengkap untuk diangkat menjadi kepala BBPJN XVIII Provinsi Papua.

Untuk Kasatker PJN Wilayah Jayapura, Saut Munthe,ST menurut kami dia seperti alergi dengan dengan awak media dan juga LSM karena yang selalu dikatakannya hanya mencari cari kesalahan, ucapannya itu sudah kami dengar sendiri, dia pernah bilang ‘Kamu datang – datang terus memangnya saya ada utang kah? Ini jelas tidak baik untuk seorang pejabat seperti dia ” Papar Edi.

Oleh itu kepada rekan-rekan wartawan media, kami mohon kalian harus tulis dan beritakan tentang hal ini, bahwa kami BARAPEN & WGAB meminta, agar kedua pimpinan ini  secepatnya diganti dan dirolling dengan pejabat yang lain, harapan kami juga pihak Kementerian PUPR bisa mengangkat orang asli Papua, Putera Daerah ini untuk menduduki jabatan kepala BBPJN, dan Kasatker.

Yang kami inginkan yakni pemimpin yang lebih memiliki hati yang terbuka, jujur dan welcome untuk Pelayanan Publik kepada siapa saja masyarakat yang akan berkunjung ke Balai dan Satker.” Tegas kedua aktifis, Edy dan juga Yerry.(SM).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY