Masa Reses, Rusdianto Serap Aspirasi Warga Desa Ahuawatu

Masa Reses, Rusdianto Serap Aspirasi Warga Desa Ahuawatu

335 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe, Wakil ketua I DPRD Kab.Konawe Rusdianto,SE.MM, sambangi Desa Ahuawatu Kecamatan Pondidaha Kab.Konawe – Sulawesi Tenggara.

Hal ini berkaitan dengan masa reses persidangan ke II Tahun Anggaran 2019, pimpinan dan anggota Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe masa Bakti 2014-2019 melaksanakan kegiatan Reses di Dapil masing – masing.

Pada kegiatan reses ini, para wakil rakyat tersebut turun lapangan di daerah pemilihan (dapil) masing – masing, mereka turun untuk bertemu dan bertatap muka langsung dengan konstituen. Hal ini merupakan tugas dewan untuk menyerap aspirasi rakyat yang diwakilinya.

Seperti halnya Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Konawe. Kemarin Selasa (19/02-19) ia melakukan reses masa persidangan II di Desa Ahuawatu Kecamatan Pondidaha.

Kegiatan ini dihadiri H. Basirun Mandaya selaku tokoh masyarakat setempat, Ketua PAC PDIP Kecamatan Pondidaha yang juga sekaligus Caleg PDIP dapil II (dulu dapil III), Muhammad Ali Basuki, sejumlah perangkat desa dan puluhan masyarakat setempat.

Wakil ketua I DPRD Kabupaten Konawe, Rusdianto, SE, MM pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan hari ini, Selasa (19/2/2019) merupakan reses ke II untuk masa persidangan ke II tahun anggaran 2019.

“Kami pimpinan dan anggota DPRD turun ke dapil masing masing untuk menyerap aspirasi rakyat di daerah pemilihan. Aspirasi rakyat ini penting untuk kemudian dibawa dan dibahas di DPRD. Sehingga nanti pada saat pembahasan anggaran, aspirasi ini akan kami perjuangkan untuk direalisasikan,” paparnya.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Konawe tersebut, kehadiran masyarakat dan pemerintah setempat sangat dibutuhkan di setiap reses anggota DPRD Konawe.

Kata dia, dari merekalah bisa diketahui apa yang menjadi kebutuhan yang mendesak di tengah tengah masyarakat. Sehingga aspirasi rakyat ini sangat penting untuk menentukan pengalokasian anggaran.

“Kalau ada aspirasi rakyat, minimal dana aspirasi tersebut dapat kami alokasikan di daerah setempat. Karena tanpa reses seperti ini, tentu kami tidak tahu apa yang menjadi kebutuhan mendesak di masyarakat. Dan itu akan kami jadikan skala prioritas pada tahin 2019 ini,” tuturnya.

Dikatakan, sejak dirinya dilantik sebagai anggota DPRD Periode 2014-2019, ia telah banyak berbuat untuk masyarakat di daerah pemilihan III ( Wonggeduku, Pondidaha, Meluhu, Besulutu dan Amonggedo).

“Sudah banyak aspirasi masyarakat yang kami telah perjuangkan dan itu sudah direalisasikan,” katanya.

Ia menuturkan bahwa sejak dilantik, dirinya telah menempatkan berbagai program di dapil III di mana dulu masyarakat telah memilih dirinya sebagai wakil mereka di DPRD Konawe.

Program yang telah direalisasikan tersebut seperti normalisasi saluran pembuangan sepanjang 7 KM, cetak kolam ikan air tawar untuk 10 desa sebanyak 330 kolam dan bantuan ternak untuk warga desa Belatu.

Menurutnya, dengan program normalisasi saluaran pembuangan, warga sudah tidak merasa resah lagi kalau datang musim hujan. Karena dengan normalisasi tersebut, banjir yang selama ini menggenangi rumah warga sudah dapat diminimalisir. Begitu juga dengan perogram yang lainnya, sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, seperti cetak kolam dan bantuan ternak itu.

“Untuk tahun 2019 ini, kita akan normalisasi saluran pembuangan di 6 desa, yakni desa Laloika, Ahuawatu, Lalonggotomi, Wonua Monapa, Pumbinisi dan Bendewuta dengan panjang 10 KM,” tuturnya.

Selain itu, dirinya juga menyebut telah memperjuangkan perbaikan jalan poros SP E sepanjang 3 KM dan akan ditealisasi pada tahun 2019 ini.

Toko masyarakat setempat, H.Basirun Mandaya pada kesempatan ini menyampaikan apresiasinya kepada Wakil Ketua DPRD itu. Menurutnya, sejak menjabat sebagai Wakil Ketua, Rusdianto telah banyak menurunkan program di masyarakat khususnya dapil III.

“Kami berharap bapak bisa jadi ketua DPRD Konawe. Sehingga bisa lebih banyak lagi program yang diturunkan di daerah kami. Meski bapak sudah pindah dapil kami tetap mengharapkan bantuannya. Dan kita juga berharap agar siapapun yang menggantikan bapak di sini kiranya tetap memperhatikan kami,” harapnya.

Diketahui, anggota DPRD Konawe telah memasuki tahun kelima sejak dilantik sebagai anggota dewan Konawe tahun 2014 lalu. (Red.SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY