Menjaga Warisan Budaya, Desa Katimoho Gelar Kirab Pawai Gunungan Hasil Bumi

Menjaga Warisan Budaya, Desa Katimoho Gelar Kirab Pawai Gunungan Hasil Bumi

3.612 views
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Gresik. Warga Desa Katimoho Kecamatan Kedamean, pada Minggu (25/09/2022) pagi sekitar pukul 08.30 Wib. Menggelar acara tradisi sedekah bumi, mereka melakukan kirab gunungan yang berisi hasil bumi sebagai tanda syukur.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, selama musim pandemi Covid-19 segala bentuk keramaian yang memicu adanya kerumunan ditiadakan.

Dari pantauan awak media dilapangan, hal ini terlihat antusias ratusan warga ikut pawai kebudayaan dan gunungan hasil bumi itu diarak mulai dari Kantor Balai Desa Katimoho lalu di arak keliling desa.

Ketua Panitia Subambang mengatakan, Pawai Budaya dan hasil bumi ini diikuti oleh semua warga Desa Katimoho mulai dari RT 1 s/d 10.

“Sedekah bumi digelar sebagai wujud rasa syukur warga akan rezeki yang sudah diberikan Tuhan,” ujar Subambang kepada awak media.

Sementara itu Kepala Desa Katimoho Rini menambahkan, Pemerintah Desa Katimoho berterima kasih kepada seluruh warga atas partisipasinya memeriahkan kegiatan kirab budaya sedekah bumi.

“Melalui acara sedekah bumi ini. diharapkan dapat memupuk rasa persatuan serta meningkatkan tali silaturohmi. Warga berbaur menjadi satu. Mereka saling bergotong royong untuk mengadakan acara sedekah bumi ini sehingga sukses dan berjalan lancar,” tutur Kepala Desa Rini.

Selanjutnya Malam puncak nanti dilanjut pagelaran wayang kulit. (Hari R)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY