Peresmian Perubahan Type Polres Cirebon Menjadi Polresta Cirebon

Peresmian Perubahan Type Polres Cirebon Menjadi Polresta Cirebon

234 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Cirebon, Kepolisian Polres Cirebon Polda Jawa Barat naik tingkat.  Peresmian perubahan type Polres Cirebon sekarang menjadi Polresta Cirebon dan diresmikan langsung oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, yang bertempat di Malpolresta Cirebon. Rabu (4/12/2019).

Dalam Upacara tersebut sebagai pejabat Irup Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, dan sebagai Dan Up AKBP DRH.IGN Agung Paramartha M.H., dilaksanakan Upacara Peresmian Perubahan Tipe dari Polres Cirebon menjadi Polres Kota Cirebon Polda Jawa Barat yang bertempat di Lapangan Apel Mapolres Kota Cirebon.

Dalam kesempatan itu Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi mengatakan, tadi sudah disampaikan di amanat yang di awal, saya berharap dengan meningkatkan tipologi polresta cirebon ini pelayanan terhadap masyarakat bisa meningkat semuanya nanti kita perbaiki dan nanti jumlah personil kita tambah secara bertahap, untuk menumbuhkan pelayanan masyarakat menjadi lebih baik.

AKBP M. Syahduddi S.I.K., M.Si., disela-sela acara peresmian menuturkan ke awak media, sejumlah personil polresta cirebon saat ini sekitar 1383, sementara dikarenakan menjadi polresta cirebon jadi kenaikan tipologi otomatis berimbas kepada penambahan jumlah personil oleh karena itu setelah ini kita akan berkoordinasi dengan polda jawa barat untuk meminta penambahan personil.

Sudah disampaikan oleh bapak kapolda, peningkatan teknologi polres cirebon menjadi polresta cirebon membawa konsekuensi pelayanan yang harus meningkat, peningkatan pelayanan ini juga harus membutuhkan personil yang dirasa cukup yang bisa mem backup seluruh aktivitas kegiatan kepolisian yang ada di wilayah hukum polresta cirebon.

Untuk Polresta sendiri, setelah dilakukan pengkajian baik oleh Kementerian PAN RB dan juga oleh Mabes Polri, bahwa memang Polres Cirebon sudah layak dinaikkan tipenya menjadi Polresta Cirebon berdasarkan pertimbangan karakteristik kerawanan daerah, jumlah penduduknya dan aspek terkait dengan tingkat kriminalitasnya, oleh karena itu dari hasil kajian yang dilakukan oleh tim dari kementerian PAN RB dan juga dari Mabes Polri, sehingga dinaikkan tipe Polres Cirebon menjadi polresta cirebon yang berdampak terhadap juga kenaikan status daripada cirebon berimbas kepada komposisi personil yang dimiliki oleh polresta cirebon,” Kata Kapolresta.

Sebagaimana tadi sudah disampaikan oleh bapak kapolri dalam sambutan, beliau bahwa memang faktanya Kabupaten Cirebon sendiri memiliki empat puluh kecamatan di mana dari empat puluh kecamatan tersebut, enam kecamatan masuk ke dalam wilayah hukum Polres Cirebon Kota, sehingga untuk wilayah Polresta Cirebon terdapat tiga puluh empat kecamatan dengan dua puluh tujuh Polsek ini juga menjadi bahan pertimbangan kita untuk melakukan, macam kalangan staf untuk bisa dikatakan layak sebagai Polresta Cirebon. mempertimbangkan hal terkait termasuk juga untuk wilayah hukum kecamatan yang secara administrasi berada di wilayah Kabupaten Cirebon namun secara wilayah hukum berarti di luar wilayah Polresta Cirebon,” Pungkas Kapolresta.

Dalam kesempatan upacara peresmian perubahan type Polres Cirebon menjadi Polresta Cirebon di hadiri Pejabat Utama Polda Jabar, beserta Danrem 063/SGJ, Bupati Cirebon, Para Kapolrestabes, Kapolresta, Kapolres Jajaran Polda Jabar, Dandim 0620/Kab. Cirebon, Dandenpom III/Cirebon, Danyon Brimob C, Danyon Arhanud 14, Danlanal Cirebon, Ketua Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri Sumber Kab. Cirebon, Ketua DPRD Kab. Cirebon, Para Kepala Dinas Kab. Cirebon, Ketua Bawaslu Kab. Cirebon Abdul Khoir, Tokoh Masyarakat, Ketua MUI Kab. Cirebon, perwakilan Ormas / LSM, Mahasiswa dan Tamu Undangan. (Fi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY