SRPB Jatim Ikut Pelatihan BLS di HUT Hipgabi Ke 13

SRPB Jatim Ikut Pelatihan BLS di HUT Hipgabi Ke 13

457 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Surabaya. Tim Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim yang terdiri dari 10 relawan dari berbagai organisasi mitra, mengikuti pelatihan Basic Life Support (BLS) atau Dukungan Hidup Dasar, Sabtu, 2 Juli 2022. Kegiatan ini memang diperuntukkan bagi unit kegiatan mahasiswa, ekstrakurikuler siswa, dan relawan kebencanaan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat dalam rangka HUT Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (Hipgabi) Jatim ke-13.

Tim SRPB Jatim bersama para relawan dari Relindo, Forum Kader Bela Negara (FKBN), Mahagana UINSA, Human Initiative, SRPB Kota Pasuruan, LPBNU Kota Pasuruan, R-Kompas, dan beberapa organisasi relawan lainnya ikut aktif dalam pelatihan ini.

Sekitar 100 peserta ikut dalam kegiatan yang diadakan di depan kantor manajemen Universitas Airlangga, Kampus C, Jalan Ir Soekarno, Mulyorejo, Surabaya.

“Pelatihan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kami. Selain itu, tentunya menambah teman-teman relawan,” ungkap Adib Yahya, salah satu peserta dari Santri Tanggap Bencana (Santana) Pondok Pesantren Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA).

Dengan mengikuti pelatihan ini, lanjut Adib, ia tahu perkembangan BLS, terutama selama pandemi Covid-19 ini. Menurutnya, dalam pelatihan pijat jantung selama Covid-19 tidak dilakukan pemberian nafas dari mulut ke mulut.

Materi pelatihan kali ini memang lebih difokuskan pada pijat jantung. Peserta diberikan kesempatan satu per satu untuk praktik pijat jantung. Peserta tampak antusias mengikuti pelatihan ini hingga akhir acara. (Lusi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY