Targetkan Minat Prestasi, Ribuan Pelajar Antusias Ikut Giat GSI 2024

Targetkan Minat Prestasi, Ribuan Pelajar Antusias Ikut Giat GSI 2024

251 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Purwakarta. Ribuan peserta yang di dominasi pelajar dari jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP)  terlihat Antusias mengikuti pehelatan Gala Siswa Indonesia (GSI) dan Kegiatan Pembinaan Minat Bakat dan Kreativitas Siswa Jenjang SD dan SMP Tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2024 di Lapangan GOR Purnawarman,

Pejabat (Pj) Bupati Purwakarta, Benni Irwan, M.Si., MA. membuka secara resmi Gala Siswa Indonesia (GSI) dan Kegiatan Pembinaan Minat, Bakat dan Kreativitas Siswa Jenjang SD dan SMP Tingkat Kabupaten Purwakarta Tahun 2024.

Di sela sela giat Pj. Bupati Purwakarta mengatakan bahwa Perlombaan bakat dan minat siswa yang diselenggarakan oleh Disdik Purwakarta adalah salah satu wujud nyata dari komitmen pemerintah dalam mendukung pengembangan potensi generasi muda agar menjadi individu yang berkualitas sebagaimana yang memiliki empat kecerdasan yaitu kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial.

“Setiap anak memiliki bakat dan minat yang unik dan mungkin saja berbeda. Kewajiban kita mendukung dan mengembangkannya. Melalu kegiatan ini kitamemberikan ruang untuk mengasah keterampilan mengembangkan kreativitas serta membangun kepercayaan diri. Saya merasa sangat bangga dan antusias yang ditunjukkan oleh para peserta” ungkap Pj. Bupati Beni Irwan dalam sambutanya, Senin (27/5/2024)

Beni menambahkan bahwa melalui kegiatan ini kita berharap dapat melahirkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis dalam keterampilan dan memiliki kreativitas yang tinggi dalam rangka mewujudkan profil pelajar yang Pancasila,

” Saya sangat berharap melalui acara ini kita akan dapat melahirkan talenta baru yang akan membawa harum nama kabupaten Purwakarta di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional. Semoga upaya kita semua dapat menghasilkan generasi muda yang kreatif inovatif dan berprestasi ” Pungkas Benni Irwan.

Sementara itu Kadisdik Purwakarta dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan minat, bakat dan kreativitas siswa serta menyeleksi peserta didik yang berprestasi di bidangnya. Untuk tahun ini pendidikan Kitab Kuning dilombakan dan ini menjadi yang paling berbeda dengan Kabupaten lain.

“Peserta didik SD dan SMP di Kabupaten Purwakarta sudah belajar kitab kuning. Dengan adanya lomba ini untuk mengukur sejauh mana perkembangan mereka. Kita mengharapkan kedepannya Purwakarta akan melahirkan generasi emas Profil Pelajar Pancasila yang bisa membawa kita pada keistimewaan”, ucap Purwanto.

Pembinaan Minat dan Bakat Siswa dibawah naungan Bidang Pendidikan Dasar (Pendas) Disdik Purwakarta manauntuk lomba jenjang SD antara lain: O2SN, OSN, FLS2N, Pentas PAI denga jumlah peserta 1800.

Sedangkan untuk jenjang SMP antara lain: GSI, OSN, O2SN,FLS2N dan Pentas PAI dengan jumlah peserta 1700. Kegiatan lomba disebar di beberapa tempat.

Acara pembukaan yang sangat meriah tersebut menampilkan defile kontingen dari 16 Kecamatan di Kabupaten Purwakarta, penampilan Marching Band SDN 1 Munjuljaya dan dilanjutkan prosesi menendang bola yang dilakukan oleh Pj. Bupati, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Purwakarta Dr. H. Purwanto, Ketua Dewan Pendidikan, Ketua KONI Purwakarta dan Kadisporaparbud. (Fuljo Saefulrohman)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY