Tim Dosen Unimal Ajari Siswa SMKN 3 Tentang Aplikasi Sistem Informasi Pembuatan...

Tim Dosen Unimal Ajari Siswa SMKN 3 Tentang Aplikasi Sistem Informasi Pembuatan Web

268
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Lhokseumawe. Tim Dosen Program Studi sistem informasi dan Teknik informatika Fakultas teknik Universitas Malikussaleh (Unimal) mengajari siswa/siswi SMK Negeri 3 Lhokseumawe, tentang Aplikasi Sistem Informasi Katalog Pariwisata Aceh dan Jasa Penginapan Berbasis GIS dengan menggunakan aplikasi berbasis web pada tanggal 10 – 13 November 2021 lalu.

Adanya kegiatan Aplikasi Sistem Informasi Pembuatan Web ini bentuk kegiatan dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada sekolah SMK Negeri 3 Lhokseumawe, kegiatan ini dibuka oleh Faisal guru bimbingan TIK sangat memberi apreasiasi kepada Program Studi sistem informasi dan teknik informatika dalam memilih tempat kegiatan di sekolah kami dengan memberikan materi Aplikasi Sistem Informasi Katalog Pariwisata Aceh Dan Jasa Penginapan berbasis web, ujar guru tersebut.

Selama ini kata Faisal, siswa kesulitan dalam penggunaan web design dalam membuat katalog pariwisata dan pengunaan aplikasi GIS, namun, dengan adanya pelatihan tersebut, Siswa dapat memahami sistem informasi pembuatan web design katalog pariwisata dan penggunaan aplikasi GIS tersebut, kemudain siswa juga dapat lebih memudahkan siswa dalam melihat lokasi penginapan yang dituju, ucap nya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Lhokseumawe kepada wartawan mengatakan, berharap agar kegiatan pengabdian yang diadakan Fakultas teknik Unimal dapat dilaksanakan secara berlanjut di sekolahnya, sehingga terjadi sinergisme kampus dengan pihak sekolah.

“Tim dosen yang mengadakan kegiatan tersebut diketuai, Mutammimul Ula, S.Kom.M.Cs, dengan anggota Arrazi, ST.,M.Cs dibantu beberapa  mahasiswa Prodi sistem Informasi,” Pelatihan tersebut diawali dengan pemaparan materi tentang pembuatan menu-menu daerah wisata, menu pencarian lokasi wisata yang ada di Aceh, cara koneksi database,  Kemudian aplikasi yang dikembangkan melalui dan web GIS melaluiaplikasi Google Maps yang dapat melihat estimasi waktu perjalanan, tandasnya.

Dengan adanya kegiatan PKM ini siswa dapat membuat menu – menu daerah pariwisata dan lokasi yang dituju, selain itu, siswa juga dapat mengembangkan informasi yang ada dapat dijadikan tempat mempromosikan sekolahnya dengan menampilkan keunggulan dari sekolah yang ada, ucap nya.

“Selama acara pengabdian berlangsung siswa-siswi sangat antusias mengikuti materi dan aktif terlibat secara langsung dalam acara tersebut,”. Ungkap nya.

Ketua Pelaksana Mutammimul Ula dalam kesempatan terpisah saat di konfirmasi pada hari selasa, 23 november 2021, pukul 12.13 wib mengatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan rutin dalam tiap semester dan pelatihan ini akan diadakan kedepannya dengan melihat perkembangan teknologi  yang dapat diimplementasikan secara langsung leih siswa dan bermadi Aceh langsung kepada masyarakat.tutup ketua pelaksana. (Rizal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY