Usai Menutup Acara Sosialisasi Hak-Hak Ulayat Jemaat, Bupati Halsel Berikan Bantuan

Usai Menutup Acara Sosialisasi Hak-Hak Ulayat Jemaat, Bupati Halsel Berikan Bantuan

416 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Labuha,  Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Hi.  Bahrain Kasuba pada Rabu, 26 Juni 2019 secara resmi menutup kegiatan Sosialisasi Hak-Hak Ulayat Jemaat Dan Cara Penyusunan Kerja Desa Tingkat Sinodal, Seklasis Maluku Utara (Malut), di Desa Sum Kecamatan Obi Timur.

Pada kesempatan tersebut Bupati Hi. Bahrain Kasuba dalam sambutannya memberikan apresiasinya kepada para Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) yang telah mengadakan kegiatan sosialisasi tersebut.

“Dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah wawasan tentang hak ulayat masyarakat adat serta informasi terkait masalah hukum dan pengelolaan sumber daya alam khususnya bagi masyarakat di pulau Obi”,  ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa,  Desa Sum sudah masuk dalam usulan tinggal menunggu realisasinya,  dan akhir tahun 2019 sudah bisa menikmati Jaringan handphone (HP). Dirinya juga mengatakan Pemda akan selalu memperhatikan pembangunan di Desa Sum.

Diakhir sambutan bupati berharap agar kerukunan di Desa Sum dapat terjaga dengan baik dan dapat saling membantu satu sama lain.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua Sinode GPM Paulus Refialy dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi tingkat Sinode se-Maluku Utara ini,  berlangsung selama 6 hari dari tanggal 21 sampai 26 Juni 2019, yang  menghadirkan narasumber dari  Universitas Pattimura, (Unpatti).

“Diharapakan sosialisasi ini dapat memberikan wawasan kepada masyarakat Desa Sum mengenai hak ulayat serta dapat memberikan pemahaman hukum dan pengelolaan sumber daya alam”, jelasnya.

Refialy juga menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat Desa Sum yang telah  memberikan tempat tinggal dan menerima  mereka dengan baik selama sosialisasi berlangsung.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala Desa Sum Andris Lasera selaku Ketua Panitia kepada Bupati Bahrain Kasuba karena telah datang di Desa Sum dan menutup kegiatan sosialisasi ini.

Penutupan kegiatan sosialisasi ini juga ditandai dengan pemukulan tifa oleh Bupati Bahrain Kasuba, serta penyerahan bantuan.

Acara yang berlangsung di Gereja Desa Sum tersebut juga duhadiri pada oleh para Pimpinan SKPD Halmahera Selatan, Kapolsek Obi Timur,  Majelis Pekerja Harian Sinode GPM,  Camat Obi Timur,  Obi Barat,  Obi Selatan,  Bacan Selatan, Kepala Desa Sum, Narasumber dari Fakultas Hukum,  Fakultas Pertanian dan Fakultas Perikanan Universitas Pattimura Ambon,  Peserta sosialisasi yang berasal dari 4 klasis ( Klasis Ternate,  Pp. Bacan,  Pp. Obi, Klasis PP. Sula) yaitu perwakilan dari masing-masing pendeta dan jemaat serta  desa,  juga para Tokoh dan Masyarakat Desa Sum.

Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah daerah akan terus memperhatikan masalah didesapembangunan di Kecamatan Obi Timur serta  Kepala Desa yang harus membangun infrastruktur Desa.

“Insya Allah,  Desa Sum sudah masuk dalam usulan tinggal menunggu realisasinya,  akhir tahun 2019 sudah bisa menikmati signal handphone”, pungkasnya.

Dirinya berharap agar kerukunan di Desa Sum dapat terjaga dan saling membantu satu sama lain.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua Sinode GPM Paulus Refialy dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi tingkat Sinode se-Maluku Utara ini,  berlangsung selama 6 hari dari tanggal 21 sampai 26 Juni 2019.

“Kegiatan sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber dari Unpatti (Universitas Pattimura) bertujuan menambah wawasan masyarakat mengenai hak ulayat serta memberikan pemahaman hukum dan pengelolaan sumber daya alam”, jelasnya.

Refialy juga menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat Desa Sum yang telah  memberikan tempat tinggal dan menerima  mereka dengan baik selama sosialisasi berlangsung.

” Masyarakat disini sangat baik dan ramah,  kami sangat berterimakasih sudah diterima dan dijamu dengan sangat baik”, ujarnya.

Penutupan kegiatan sosialisasi ini ditandai dengan pemukulan tifa oleh Bupati Bahrain Kasuba selanjutnya penyerahan dana sebesar tiga puluh juta kepada panitia dan tiket pesawat Ternate-Ambon untuk 7 orang.

Kemudian,  pada kesempatan yang  berbeda Kepala Desa Sum Andris Lasera yang juga selaku Ketua Panitia menyampaikan terimakasihnya kepada Bupati Bahrain Kasuba karena telah datang di Desa Sum dan menutup kegiatan sosialisasi.

“Kami sangat berterimakasih kepada bapak bupati untuk kedatangannya serta bantuan yang diberikan”, ungkapnya.

Turut hadir pada acara tersebut Pimpinan SKPD Halmahera Selatan, Kapolsek Obi Timur,  Majelis Pekerja Harian Sinode GPM,  Camat Obi Timur, Camat Obi Barat,  Camat Obi Selatan,  Camat Bacan Selatan, Kepala Desa Sum, Narasumber dari Fakultas Hukum,  Fakultas Pertanian dan Fakultas Perikanan Universitas Pattimura Ambon,  Peserta sosialisasi yang berasal dari 4 klasis ( Klasis Ternate, Klasis Pp. Bacan, Klasis Pp. Obi, Klasis PP. Sula) yaitu perwakilan dari masing-masing pendeta dan jemaat serta  desa,  juga para Tokoh dan Masyarakat Desa Sum.(Bur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY