Desa Wisata Waterboom Sendang Plesungan Unik, Menarik dan Mendidik

Desa Wisata Waterboom Sendang Plesungan Unik, Menarik dan Mendidik

4,612 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Karanganyar, Waterboom Sendang Plesungan ini berada di tengah kebun jati yang merupakan tanah milik Desa dan dikelilingi tanah yang kondisinya relatif kering. Sekitar 1 hektar yang digunakan untuk obyek wisata ini, dari 4 hektar luas tanah milik Desa Plesungan yang berdekatan dengan sendang dan sungai,

Dan telah ditetapkan oleh Dinas pariwisata pemuda dan olahraga kabupaten Karanganyar tanggal, 17 September 2018  No. 556/26/2018, sebagai Desa Wisata di wilayah Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar yang berbatasan dengan Kalurahan Mojosongo, kecamatan Jebres, kota Solo.

“Ide pembangunan kolam renang Waterboom berawal dari keinginan bapak Waluyo,SH Kepala Desa Plesungan untuk mempunyai Wisata Desa, “Ujar Slamet Wibowo manejemen Waterboom Sendang plesungan saat diwawancarai wartawan suaraindonesianews.com, minggu 20/01/2020.

Slamet Wibowo menuturkan, bahwa pembangunan Waterboom Sendang Plesungan menggunakan dana Desa setelah mendapat persetujuan dari Badan Musyawarah Desa (BPD). Dan pelaksana kelola wisata desa diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desaku Maju Plesungan, sesuai dengan Peraturan Desa (Perdes) No 6 Tahun 2017.

Guna melibatkan partisipasi masyarakatnya secara langsung dalam pengelolaan obyek wisata tersebut, bapak Waluyo,SH Kepala Desa Plesungan, mengajak warganya ikut menanam saham. Sampai dengan saat ini jumlah saham ada 260 dengan nilai Rp 1 juta per-sahamnya, jelas Slamet Wibowo.

“Dari keuntungan hasil usaha, kami dapat menyisihkan untuk bea siswa bagi anak-anak sekolah dan juga kegiatan sosial yang lain,” lanjutnya.

Perbulan obyek wisata ini dapat meraup omset rata-rata Rp 75 juta/bulan, dari harga tiket masuk Rp 10 ribu hari libur dan Rp 7.500 pada hari kerja.

“Untuk menambah daya tarik dari desa Wisata Sendang Plesungan ini, kami akan bermitra dengan desa tetangga dengan membuka off-road, ” Slamet Wibowo menjelaskan.

Suasana yang nyaman dan aman untuk berlibur di Waterboom Sendang Plesungan dilengkapi dengan fasilitas antara lain, terdiri dari 3 kolam renang berfariasi kedalamnya 2 kolam untuk anak-anak (40 cm – 70 cm) dan 1 kolam dewasa (80 cm – 130 cm). Plorotan yang aman dan dilindungi dengan parameter agar nyaman bagi anak-anak. Kamar ganti cukup dan ruang tunggu yang nyaman. Juga dilengkapi dengan gazebo di dalam maupun diluar lokasi kolam renang. Selain itu ada food court untuk melayani pengunjung memesan makanan melalui menejemen Waterboom Sendang Plesungan.

Tiap bulan April kami mengadakan budaya Sedekah Bumi yang diisi dengan pembayaran PBB, agar warga sadar pajak dan dibulan September ada Festival Budaya yang menampilkan budaya khas Desa plesungan yakni seni lesung yg menunjukkan perkampungan pengolahan padi. Suara tetabuhan musik lesung mengiringi tari Larablonyo, tari Gedruk dan tari Mahesa Krida yang merupakan tarian khas Desa Plesungan. Ujar Slamet Wibowo mengakhiri perbincangan kami. (K.D. Kaisar Tan)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY