Direktorat Intelkam Riau Sambangi Tokoh Masyarakat Inhil

Direktorat Intelkam Riau Sambangi Tokoh Masyarakat Inhil

439 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Inhil. Kepolisian Daerah Riau melalui Direktorat Intelkam melakukan kunjungan silaturahmi dengan pemerintah, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu, 10/09-2022.

Kegiatan ini dipimpin oleh AKP Syulwan Nasution untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif serta merajut dan memelihara tali silaturahmi.

Kegiatan silaturahmi dan sambang dilakukan oleh Direktorat Intelkam dalam rangka menyamakan persepsi dalam hal membangun kabupaten Indragiri Hilir yang aman, nyaman dan kondusif.

Sekaligus meminta agar pemerintah dan tokoh Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir mendukung Polri dalam menjaga kondusifitas kamtibmas dan memberikan kontribusi dalam menolak paham Radikalisme dan Terorisme.

Dalam pertemuan tersebut tim Direktorat Intelkam juga berpesan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir ini diharapkan dapat memberikan himbauan kepada masyarakat dan organisasi keagaman serta organisasi masyarakat untuk peduli akan pentingnya menjaga kebersamaan dalam hal perbedaan kepercayaan maupun pemahaman agama.

Selain itu jika ada informasi-informasi terkait dengan potensi atau masalah Kamtibmas, agar segera melaporkan ke Polsek terdekat, agar segera mendapat tindakan dan ditangani sesuai ketentuan prosedur hukum yang berlaku sehingga tidak menimbulkan konflik di tengah – tengah masyarakat.

“Kegiatan silaturahmi atau sambang ini rutin dilaksanakan oleh Direktorat Intelkam Polda Riau maupun jajaran Polres/Polsek sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada toga, tomas, toda maupun tokoh yang lainnya dan juga memberikan pesan-pesan kamtibmas diantaranya adalah menghimbau agar meningkatkan kewaspadaan guna mencegah terjadinya tindak kejahatan, berkembanngnya paham radikalisme dan Terorisme serta menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila sehingga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif,” ucap AKP Syulwan Nasution.

Apabila warga masyarakat sudah peduli terhadap lingkungannya masing-masing, maka situasi kamtibmas yang aman dan kondusif akan terwujud “Menjaga dan mewujudkan keamanan di bumi melayu merupakan tugas bersama. Dengan terwujudkan rasa aman dan nyaman maka akan menimbulkan masyarakat yang sejahtera, makmur dan berbudaya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Sdr. Mustafa Kamal selaku Tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada tim Direktorat Intelkam Polda Riau yang telah mempedulikan kenyamanan dan keamanan di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir terutama di Kecamatan Kempas.

Lebih lanjut dirinya menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir untuk dapat bersama sama menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif serta mengajak elemen masyarakat dapat menerima serta menghargai perbedaan baik sifatnya agama, kepercayaan yang dianut oleh individu maupun kelompok tertentu, selagi tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Selain itu mengajak seluruh masyarakat untuk menolak paham paham yang sifatnya dapat mengganggu Kesatuan, persatuan dan keutuhan NKRI.

Dirinya menyatakan akan selalu mendukung Polri dalam hal menciptakan kondusif Kamtibmas Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir serta akan memberikan kontribusi seperti laporan informasi yang berkaitan dengan ancaman atau gangguan nyata yang dapat menimbulkan konflik sosial ditengah masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Sdr. Firman Rahman selalu tokoh masyarakat suku Banjar Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir menyatakan bahwa dirinya siap dalam mendukung polri dalam menjaga dan menciptakan kondusifitas kamtibmas serta mengajak kepada organisasi keagamaan maupun organisasi masyarakat untuk menerapkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan keseharian dengan demikian akan tumbuhnya rasa cinta kedamaian dan saling menghargai antar sesama sehingga keutuhan NKRI dapat terjaga dengan baik.

Pertemuan dan silaturahmi ini berjalan dengan penuh keakraban dan diakhir pertemuan ditutup dengan foto bersama. (Mus)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY