Nelayan Muara Batu Aceh Utara, Menggelar Pemilihan Panglima Laot

Nelayan Muara Batu Aceh Utara, Menggelar Pemilihan Panglima Laot

238 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Aceh Utara, Rusdi nelayan warga setempat terpilih sebagai Panglima Laot Lhok dalam pemilihan yang diadakan diKecamatan Muara Batu Kab. Aceh Utara.(30/3-19)

Pemilihan tersebut berlangsung di TPI Muara Batu Desa Tanoh Anoe, Kecamatan Muara Batu. Rusdi berhasil mendulang 44 suara pemilih, sedangkan Baktiar hanya 18 suara, dan Abdullah16 Suara dari total pemilih 78 orang nelayan. Pemilihan tersebut dilaksanakan nelayan Kecamatan Muara Batu, dikarenakan sudah berakhirnya masa jabatan Panglima Laot yang lama.

penyuluh Perikanan Kabupaten Aceh Utara untuk wilayah Muara Batu , Lahmuddin Syah, S.Pi, menuturkan, dengan adanya pemilihan tersebut, ia berharap kepada Panglima Laot yang terpilih, dapat mengayomi para nelayan setempat dalam mewujudkan kesejahteraan nelayan dengan berkoordinasi dengan kepada dinas terkait, baik pemerintah maupun swasta.

“Sehingga kedepannya, para nelayan dapat terbantu kebutuhan dasarnya, seperti sarana penangkapan serta alat bantu menangkap ikan dan nelayan dapat menghasilkan tangkapan ikan yang maksimal,” tutur Lahmuddin.

Panglima Laot terpilih dapat menjadi pemimpin yang amanah dan dapat merubah  kehidupan nelayan kedepan yang lebih baik.

“Semoga amanah dalam menjadi pemimpin nelayan Muara Batu. Sehingga kedepannya, hasil tangkapan ikan nelayan dapat merubah kehidupan nelayan menuju taraf ekonomi nelayan yang lebih sejahtera,” tambah Lahmuddin.

Pemilihan Panglima Laot termasuk kedalam peran adat, Panglima Laot dapat menerapkan dan menjalankan hukum adat laut yang telah diputuskan dalam duek pakat (duduk bersama) Panglima Laot Se Aceh, yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

Reporter : Azhari, S.Pi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY