Ubi Ungu Jadi Bahan Komoditi Ekonomi Kreatif Desa

Ubi Ungu Jadi Bahan Komoditi Ekonomi Kreatif Desa

204 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Kuningan, Usia menjelang senja bukanlah jadi penghalang, bagi kehidupan manusia untuk melakukan sebuah terobosan dan kreasi dalam berkarya. Terkadang  sebuah kesuksesan hadir tanpa mengenal tempat dan waktu.

Ibu Cicih kasih, kelahiran Desa Karoya kec. Cipicung kab.kuningan jawa barat,  merupakan salah satu kaum ibu, yang menghabiskan waktunya untuk berkreasi dibidan makanan ringan khas daerah kabupaten kuningan.  Diantaranya cistik, pangsit ubi ungu, stik dari daun kelor, dan juga daun teh dari tumbuhan daun kelor.

Selain itu, ibu cicihpun sedang menggali lagi kreasi  tape khas kuningan, yang pada umumnya memakai bungkus daun jambu, kali ini ia tengah memproses tape dalam bentuk coklat kemadan dari hasil tape kuningan.

Berawal dari  iseng iseng untuk belajar membuat kue lebaran, sampai keisenganya telah membuahkan keuntungan besar bagi keluarganya, hanya dengan mengolah makanan ringan yang terbuat dari bahan ubi jalar yang berwarna ungu.

Bahkan segala jenis makanan dari bahan jenis lainpun telah banyak diedarkan melalui pesanan keluarga, maupun pameran. Brand Produk Mecis, merupakan singkatan nama dari keluarga antara ayah ibu dan anak, hal tersebut diungkapkan ibu Cicih ketika dikonfirnasi  wartawan ditempat pembuatan kue dan makanan ringan desa karoya kec.Cipicung kabupaten kuningan. (Sep)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY