BAMBU MENJADI BAHAN KOMODITI  EXPOR

BAMBU MENJADI BAHAN KOMODITI  EXPOR

209 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Kuningan, Bambu ( Awi dalam bahasa sunda ) merupakan salah satu bahan  dasar yang sangat banyak manfaatnya. Selain untuk digunakan sebagai  bahan dasar  prasarana bangunan rumah, bambu juga merupakan bahan dasar pembuatan alat musik tradisional seperti angklung, seruling,  maupun kerajinan seniman  lainya.

Pohon bambu mengandung berbagai unsur filosofis,  baik dalam kehidupan bermasyarakat, maupun unsur pilosofi lainya. selain bentuk batangnya yang mempunyai buku atau batas, akar bambu yang unik, bisa mengandung unsur  pilosofi atau ajaran dalam  persatuan dan kesatuan yang kokoh dan kuat yang disimbolkan dalam akar yang merambat di dalam tanah.

Bambu atau awi (bahasa sunda) mengandung makna begitu kental dengan peradaban, Awi/ bambu dengan kata lain merupakan pengejahwantaan dari kata “asal wiwitan”  (awi ) atau asal usul, yang mengandung sebuah pemikiran dan  keterangan dari  diturunkanya sebuah kehidupan di alam dunia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Salah satu dewan Pembina Barudak tikuningan kreatif, “Batik Kreatif ”  Cecep Muhidir.M.MBA usai melakukan peninjauan lahan pertanian di kawasan palutungan pekan kemarin.

Dalam waktu dekat, kreatif kreatif kuningan akan bangkit sesuai dengan jaman, dan semua akan menginduk kepada daerah awalnya, contoh saja alat musik bambu, angklung, yang berasal dari Kuningan Jawa Barat, belum lagi saat ini kita sedang mengadakan koordinasi dengan pemerintahan, khususnya di Kabupaten Kuningan, untuk segera melakukan pemetaan dan penanaman pohon bambu sebagai bahan komoditi expor bukan hanya Negara Jepang, bahkan  Negara Belanda pun siap menampung. Bambu yg sudah di pres dalam bentuk papan & balok.

Dan penanaman pohon bambu tersebut guna mengisi kebutuhan pasar Internasional di wilayah Negara Jepang,  dan kita akan segera melakukan MOU dengan pihak Jepang, terkait hal ini. Dan kita mengekspor bambu  sudah dalam bentuk ” bambu laminasi/ laminaten “.ujarnya.

Ini merupakan peluang yang baik bagi Pemerintah maupun  bagi Masyarakat pemilik lahan yang banyak ditanami pohon bambu di Kab. Kuningan.berapa ribu pohon bambu yang akan kita tebang dan berapa ratus pekerja yang akan melakukan kegiatan pekerjaan ini. Dan inilah kita saatnya kita menciptakan lapangan kerja buat masyarakat di Kabupaten kumingan.

Dan kita coba sinergikan apa yang menjadi kebutuhan orang luar negeri dengan bahan bahan komoditi khusunya bahan komoditi yang sudah ada maupun yang akan ditanam di wilayah lahan pertanian di Kab.Kuningan. tinggal bagaimana kita koordinasi dan kerjasamanya saja, ujar Pembina Batik Kreatif kepada media. ( sep )

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY