Dandim 0103/Aut Turut Hadir Dampingi Pangdam IM Terima Kepulangan Satgas Pamtas Yonif...

Dandim 0103/Aut Turut Hadir Dampingi Pangdam IM Terima Kepulangan Satgas Pamtas Yonif RK 114/SM, di Pelabuhan Krueng Geukueh

2.237 views
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Aceh Utara. Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Mohamad Hasan , menyambut kepulangan prajurit Yonif RK 114/Satria Musara , Brigif-25/Siwah yang telah selesai melaksanakan tugas sebagai Satgas Pamtas Penyangga (Mobile) di wilayah Papua. Upacara penyambutan berlangsung di dipelabuhan umum Krueng Geukueh desa Tambon Baroh Kec. Dewantara Kab. Aceh Utara, Jum’at (19/08/2022). dengan menggunakan kapal KRI Teluk Palu dengan Nomor Lambung 523.

Kedatangan 450 prajurit Satgas Yonif RK 114/Satria Musara dipimpin langsung oleh Letkol Inf Putra Negara, selaku Dansatgas Pamtas Penyangga (Mobile) di Papua Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara, berlabuh di Krueng Geukueh desa Tambon Baroh Kec. Dewantara Kab. Aceh Utara.

Pangdam IM Mayjen TNI Mohamad Hasan dalam Amanatnya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya diberikan kepada seluruh prajurit Satgas Yonif RK 114/Satria Musara, Sehubungan dengan selesainya penugasan ini saya selaku Pangdam Iskandar Muda dan pribadi mengucapkan selamat datang kembali di bumi Serambi Mekkah kepada personel Satgas Pamtas Penyangga (Mobile) Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara yang telah melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi, tanggung jawab dan menjaga nama baik Kodam Iskandar Muda.

Salah satu keberhasilan Satgas Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara adalah dapat mengembalikan warga masyarakat Distrik Yigi Kab. Nduga ke rumahnya masing-masing, dimana sebelumnya mereka mengamankan diri keluar dari distrik yigi pasca kasus pembantaian 19 karyawan PT. Istaka Karya oleh KKB pada desember 2018 yang lampau.

Selama kurang lebih 1 tahun, satuan ini melaksanakan tugas sebagai Pamtas Penyangga (Mobile) Distrik Yigi Kab. Nduga di Papua dan telah melaksanakan tugas dengan baik, dimana Satgas ini telah berhasil membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Menciptakan situasi aman kepada masyarakat Distrik Yigi Kab. Nduga sehingga pembangunan pemerintahan dapat berjalan dengan baik dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya masyarakat, serta menciptakan situasi aman dan kondusif salah satunya Satgas Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara juga telah aktif memberikan bantuan merehab rumah, tempat ibadah, bendungan air bersih dan jalan, memberi pelayanan kesehatan dan bantuan secara langsung kepada masyarakat dengan program “Gerakan Honai to Honai”, sehingga dapat merangkul masyarakat Papua khususnya di zona merah Nduga.

Bagi Prajurit  keberhasilan didalam melaksanakan tugas operasi merupakan kehormatan dan kebanggaan karena telah mengabdikan jiwa dan raganya kepada Bangsa dan Negara, tugas yang diemban merupakan wujud nyata dari amanah, kepercayaan yang diberikan oleh negara. Oleh sebab itu prajurit sebagai anggota tni  sebagai alat alat pertahanan negara memiliki tugas mulia untuk mengamankan bangsa Indonesia dari berbagai gangguan keamanan di negeri ini.

Saya berharap agar kembalinya para prajurit ini dapat dicontoh oleh prajurit lainnya, apabila mereka dipercaya untuk melakukan tugas operasi seperti ini,  tentunya kita harus yakini bahwa keberhasilan tugas dapat diraih karena segenap prajurit yang dikirim telah memiliki persiapan yang baik sehingga dalam waktu yang singkat mampu beradaptasi dengan kultur, budaya serta adat istiadat masyarakat setempat.

“Keberhasilan ini tentu saja memberikan rasa bangga yang tinggi tidak saja bagi Yonif RK 114/SM, tetapi juga Kodam IM dan masyarakat Aceh,” ungkap Pangdam.

Dengan keberhasilan tersebut kepada seluruh personel Yonif Raider Khusus 114/ Satria Musara purna tugas Satgas Pamtas Penyangga (Mobile), saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas pelaksanaan tugas serta Dharma Bhakti yang telah para prajurit berikan selama ini.

Lebih lanjut Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Mohamad Hasan mengatakan, setelah tugas operasi berakhir tidak berarti selesai sudah tugas-tugas yang harus diemban.

Namun, masih banyak tugas-tugas ke depan yang akan dilaksanakan oleh satuan Yonif RK 114/SM, seperti menjaga pertahanan Negara untuk kepentingan pembangunan Nasional.

“Sebagai satuan tempur kesiapsiagaan harus terus terjaga dan terbina setiap saat. Sehingga, saat komando membutuhkan baik personel maupun materil semua harus dalam kondisi baik dan siap digunakan dalam melaksanakan tugas,” tegasnya.

“Tetap jaga nama baik satuan, jauhi perbuatan yang dapat mencoreng nama baik satuan, tunjukan bahwa prajurit Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara bisa menjadi contoh yang baik sebagai prajurit TNI di mata masyarakat, dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga kalian dirumah,” ujar Mayjen TNI Mohamad Hasan kepada seluruh prajurit Satgas Yonif RK 114/Satria Musara.

Sementara, di sela sela acara Dandim 0103/Aut, Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P., M.I.P.,  mengatakan, bagi prajurit, tugas operasi adalah kehormatan dan kebanggaan, terlebih, bila satuan itu berhasil mengemban dan menjalankan tugas yang diamanahkan Negara. Karena pada hakekatnya seorang prajurit dibentuk untuk melaksanakan tugas tugas mulia seperti mengamankan wilayah perbatasan RI-PNG di Papua. pungkas Dandim.

Upacara Penyambutan tersebut dihadiri dan disaksikan -+ 600 orang diantaranya,  Pangdam IM Mayjen TNI Mohammad Hasan, Danrem 011/LW Kolonel Inf Bayu Permana, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Mar Dian Suryansyah, Asintel Kasdam IM Kol Inf Aulia Fahmi Dalimunte, S.Sos., Asops Kasdam IM Kolonel Inf Andriyanto, S.E. Asisten Personel Kasdam IM Kolonel Inf Mohammad Sjahroni, S.E.  Kasmin Kasdam IM Mayor Inf Fachrul Yuza, MT

Kakesdam IM Kol Ckm dr. Muhammad  Irsan Basroel, Sp.KK, FINSDV, M.H Kapaldam IM Kolonel Cpl Eko Dariono, SE. M.S.I., Kabekangdam IM Kolonel Cba Rudiar Rasmono, S.Sos. Kahubdam IM Kol Chb Jun Hisatur Mastra, Dan Brigif 25/Siwa Letkol Inf Taufik Rizal, SE., Dandim 0103/Aut Letkol Inf Hendrasari Nurhono, S.I.P, M.I.P., Dandim 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Wasono Handayani, Dandim 0119/Bener Meriah Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto, Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Iswanto, S.I.K., PJ. Walikota Lhokseumawe Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd., PJ. Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah, AP. M.Si Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, PJ. Bupati Bener Meriah  Drs. Haili Yoga, M.Si Kajari Bener Meriah a.n. Agus Suroso, Palaksa lanal Lhokseumawe Letkol laut (KH) Irfan Hasibuan. Danyonif Raider Khusus 111/Karma Bhakti Letkol Inf Agus Satrio Wibowo, S.Ip  Danyon Kav 11/MSC a.n. Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan, S.E, M.Han, Para Kabalag Rem 011/LW, Danden Arhanud 001/CSBY a.n. Kapten Arh Hendro Ramadhani. Kasi Matut Radar 231 Kapten Lek Arief Gunawan. Waka Polres Aceh Utara Kompol Riza Antoni. Waka Polres  Aceh Tengah  Kompol Edwin Aldro Waka Polres Bener Meriah Kompol Adi Sofyan General Manajer PT. Pelindo Jhoni Hutama Kepala Repsol Management a.n. Bambang. AVP Humas PT. PIM Dedi Ikhsan. Ka Bandara Rembele Faisal. Ka Bandara Malikussaleh Sofyan Bapak M. Amin, Bapak Tagor, Bapak Bambang, Bapak Anwar dan tamu Undangan Lainnya. (Rizal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY