Kadis PK Konawe DR. Suriadi ,S.Pd ,M.Pd : Kita Tidak akan Rugikan...

Kadis PK Konawe DR. Suriadi ,S.Pd ,M.Pd : Kita Tidak akan Rugikan Peserta Ujian Berbasis Online

662
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang diselenggarakan secara online sejak Senin lalu oleh Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Konawe – Sulawei Tenggara menuai beberapa kendala.

UNBK yang di laksanakan sejak hari senin kemarin, sudah memasuki hari ke lima. Ujian yang berbasis komputer diselenggarakan secara online khususnya di Kabupaten Konawe terdapat beberapa kendala yang di hadapi siswa maupun siswi peserta ujian. Mulai dari susahnya memasuki akses website yang di sediakan juga kendala jaringan selular.

Seorang peserta UNBK asal dari salah satu SMP di kabupaten Konawe, yang enggan disebutkan namanya mengatakan, sejak mengikuti tahapan UNBK yang di gelar secara Online mulai tanggal 14 mei 2020 kemarin, ia mengalami kendala pada saat pelaksanaan ujian, mulai dari akses masuk situs web yang sulit dan mengantri, juga sejak kemarin dan hari ini begitu Ia sudah dapat mengikuti ujian dan sedang mengerjakan soal ujian, tiba – tiba akses situs web ujian terputus hingga Ia tidak dapat melanjutkan pengerjaan soal secara online, Ucap nya. (16/05-20)

“Kami kan ada grub WA peserta ujian, saya sudah menyampaikan digrub WA mengenai putusnya sambungan internet pada saat sedang mengerjakan soal ujian. Mudah mudahan putusnya sambungan situs web pada saat sedang mengerjakan soal ujian tidak mempengaruhi nilai yang kelak didapatkan”, Ucap nya.

Kepala dinas pendidikan Kabupaten Konawe, DR. Suriadi ,S.Pd ,M.Pd, yang di hubungi media ini Via telepon selulernya mengatakan, ujian kali ini kami menggunakan komputer maupun smarpone, sistem ujian online ini kita sudah dapat mengira bahwa ujian nasional saja yang di lakukan pusat masih saja terjadi hambatan sistem mulai dari jaringan sampai dengan kapasitas peralatan, apa lagi kita ini di kabupaten konawe dengan keterbatasan sarana prasarana penunjang. Tapi dengan suasana pandemi covid- 19 ini, kita tidak dapat membuat suatu trobosan dan ini dibuktikan bahwa pihak kementerian Pendidikan menjadikan Kabupaten Konawe menjadi sala satuh daerah percontohan dalam pelaksanaan ujian berbasis online.

“Aplikasi yang digunakan dalam melaksanakan UNBK ini adala aplikasi yang dibuat oleh Dinas Pendidikan kabupaten Konawe sendiri. Baru Kabupaten Konawe yang melaksanakan ujian nasional SD dan SMP berbasis daring loh”, ucap Kadis PK Konawe.

Aplikasi yang kami gunakan merupakan aplikasi baru tahun 2020, kendala yang dihadapi peserta ujian kita akan membenahi. kita coba lakukan supaya memakai 5 kanal di setiap sekolah. Mengenai kendala yang di hadapai peserta ujian kita mencoba membenahi persoalan itu, Ucap Suriadi.

Kalau sampai terjadi sesuatu hal terburuk, ujian berbasis komputer ini bukan menjadi satu satunya acuan, soal hasil peserta yang menemui kendala pada saat melaksanakan ujian berbasis online, peserta ujian tidak akan dirugikan.

Kita dinas Pendidikan menerapkan tiga pendekatan yang kita pakai berdasarkan surat edaran kementerian Pendidikan Nasioanal yaitu Daring, porto folio dan sisitem jarak jauh dengan di droping soal ujian tapi soal ujian tetap sama yang ada di online. Jadi saya tegaskan kendala yang dihadapi peserta ujian berbasis online, InsyahALLah tidak akan dirugikan peserta ujian, tutupnya. (Red SI/YT)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY