KSK Pimpin Upacara Hardiknas Tahun 2023

KSK Pimpin Upacara Hardiknas Tahun 2023

1,660 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) memimpin upacara upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, bertempat halaman upacara Kantor Bupati Konawe dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar “, Kamis (04/05-2023).

Hadir dalam upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, Sekretaris Daerah (Sekda) DR Ferdinand Sapan,SP.MH., , Forkopimda, OPD Konawe, Tokoh Adat dan Budaya, para guru serta siswa/siswi pelajar tingkat SD, SMP , SMA se- Kabupaten Konawe.

Dalam sambutannya, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menyampaikan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi disekitar kita, dari ujung barat maupun ujung timur Indonesia.

Jika sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang detinggi tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak – anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistic oleh gurunya sendiri, para sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya dengan Hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru dapat yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi dikelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam unruk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang focus pada mengukur kemampuan liberasi dan bernalar.

Dari segi pendanaan , pencairan langsung dana bantuan oprasional sekolah (BOS) dan bantuan oprasional pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkitkan kualitas pembelajaran .

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak  inovasi yang bermula dari kolaborasi.

“Saudara saudaraku mari kita ingat bahwa bersama-sama kita telah membuaat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar”, ucap KSK.

Lanjut Bupati Konawe, layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga pendidikan, senimandan pelaku budaya, juga peserta didik adalah kapten dari kapal besaryang bernapma Indonesia.

Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita, tutup Bupati Konawe. (Red SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY