MTQ Ke XXII Tingkat Kota Cilegon, Kecamatan Jombang Raih Juara Umum

MTQ Ke XXII Tingkat Kota Cilegon, Kecamatan Jombang Raih Juara Umum

356 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Cilegon. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXII resmi ditutup oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian, di halaman Masjid Raudhotul Mukminin Taman Cilegon Indah, Kecamatan Jombang, Kamis, (08/06/2023) malam.

Turut hadir dalam acara penutupan MTQ ke-XXII Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Sekda Kota Cilegon Maman Muludin, para Kepala OPD, Camat, serta para Lurah se-Kota Cilegon.

Walikota Cilegon Helldy Agustian mengucapkan terima kasih kepada panitia dan tuan rumah yang telah menyelenggarakan MTQ ke-XXII dengan baik dan lancar.

“Demikian juga dengan para pengurus masjid dan lembaga pendidikan yang merelakan temaptnya sebagai lokasi perlombaan, kami ucapkan terima kasih,” kata Helldy.

Walikota berpesan kepada para juara dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Cilegon untuk mempersiapkan diri mengikuti MTQ Provinsi Banten ke-XX di Kabupaten Tangerang pada 25-30 Juli 2023 mendatang.

“Masih ada waktu satu setengah bulan lagi menuju MTQ Provinsi Banten, tolong dimaksimalkan untuk pembinaan agar supaya apa yang kita harapkan bisa tercapai. Kita tidak lagi peringat ke delapan. Minimal ke-6,” pesan Helldy.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukannya, Helldy melihat harus ada keseriusan setiap camat. Dia meminta para camat dan lurah untuk bersinergi setahun sebelum digelarnya MTQ agar menghasilkan qari dan qariah terbaik.

“Tidak ada menang dadakan, semuanya perlu proses. Saya lihat ada kecamatan yang tidak full mengirim peserta sebanyak 56. Bagaiaman mau menang. Persiapan ke depan harus lebih matang lagi. PR (Pekerjaan Rumah-Red) kami tinggal satu, MTQ ini. Yang lain sudah banyak perubahan,” ungkapnya.

Selain itu, Helldy juga menjanjikan bagi peserta MTQ Kota Cilegon yang berprestasi di Tingkat Provinsi Banten diberikan bonus berupa uang tunai Rp 30 juta bagi Juara I, Juara II Rp 20 juta dan Juara III Rp 10 juta.

“Sama seperti Popda (Pekan Olahraga Daerah), dimana kami menyiapkan Rp 8 miliar karena di Popda Cilegon peringkat ke-4. Ayolah kedepan camat dan lurah kolaborasi buat rencana yang lebih matang agar MTQ kita menjadi juara,” harapannya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Provinsi Banten Prof. Soleh Hidayat juga mengapresiasi para juara. Ia yakin yang menjadi juara adalah hasil penilaian dewan hakim yang objektif.

“Kepada para juara, silahkan dibina menghadapi MTQ Banten ke-XX di Kabupaten Tangerang,” katanya.

Ia berharap MTQ yang digelar Pemkot Cilegon bisa meninggalkan kesan yang baik bagi masyarakat.

“Sia-sia ketika apa yang kita lakukan ini tidak meninggalkan kesan bagi masyarakat. Tujuan lain MTQ adalah wahana silaturahim, mendorong minat baca Alquran agar tidak ada lagi masyarakat yang buta huruf Alquran, serta menjadikan masyarakat soleh secara pribadi dan sosial,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kabag Kesra Kota Cilegon, H Rahmatullah, S.Kom, M.Si, mengatakan tuan rumah Kecamatan Jombang berhasil merebut juara umum dengan nilai 139 poin. Disusul Grogol sebagai Juara I dengan nilai 78 poin, juara II Citangkil 61 poin, serta juara III Purwakarta 49 poin. Berikutnya Pulomerak dengan 46 poin, Cibeber 35 poin, Ciwandan 33 poin dan Kecamatan Cilegon 12 poin.

“Masing-masing peserta juara I akan mendapatkan piagam, medali dan hadian Rp 3 juta, juara II Rp 2,5 juta dan juara III Rp 2 juta. Rencananya, dikatakan Rahmatullah bahwa MTQ ke-XXIII Kota Cilegon 2024 akan digelar di Kecamatan Pulomerak,” ucapnya. (Dhe)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY