NISYA BATIK MENJADI  SARANA PENUNJANG WISATA DAN PUSAT EDUKASI BATIK KAB.KUNINGAN

NISYA BATIK MENJADI  SARANA PENUNJANG WISATA DAN PUSAT EDUKASI BATIK KAB.KUNINGAN

174 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Kuningan, Wilayah Kabupaten Kuningan jawa barat merupakan wilayah kawasan pariwisata, di sebelah utara jawa barat yang berbatasan dengan jawa tengah.
Selain potensi  alamnya  yang  dapat  memanjakan mata, segarnya udara pegunungan dan sejuknya sumber mata air, menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten kuningan.

Dari sebelah Arah utara cirebon menuju selatan kuningan,  tepatnya di arah lintas jalan raya  Cirendang – kuningan,  terdapat sebuah perkampungan batik khas kuningan. Lokasi  perkampungan batik tersebut, tak jauh dari jalan raya, tepatnya  berada di Desa Cikubang sari kec, Kramat Mulya kabupaten Kuningan.

Galery  ” Saung Nisya  Batik ” inilah tempat yang digagas pada tahun 2008 silam  oleh putra daerah yang bernama Sutisna,  tempa ini  rencananya dirancang untuk  pusat belajar membatik dikabupaten  kuningan.

kecintaanya terhadap tanah  kelahiran, ia wujudkan  dalam bentuk karya karya  batik, dan  hasilnya  karya batik  Sutisna selain masuk dipasar lokal, jangkauan pemasaranyapun  sudah masuk di pasar international seperti, Singapur, cina maupun amerika.

Karya batik  Sutisna terkenal dengan nama batik keagungan, batik kuda bunga, batik lerereng kuda , bahkan kini hasil karya batiknya sudah mencapai 100 corak batik lebih, semua coraknya mempunyai  ciri khas  daerah kabupaten kuningan. Ujar Sutisna ketika berdialog  dengan para  mahasiswa yang tengah melakukan observasi di galerinya.

Bahkan ketika tiem media menggali info lebih jauh digalerinya,  Sutisna tengah sibuk mengatur jadwal  untuk kunjungan siswa sekolah  yang ada di kabupaten kuningan untuk belajar membuat batik.

” kami insyaallah punya rencana, dimana wilayah khusunya desa ini, akan kami jadikan sebagai Desa wisata kampung batik,  sesuai dengan program pemerintah untuk menjadikan desa unggulan.

Untuk itu kami terus menggagas dan berinovasi, agar Kampung Batik ini, dapat bersaing dan menjadi salah satu aset daerah penunjang pariwisata yang ada dikuningan.  ujar Sutisna menyampakan inovasi dibidang batik.( Sep).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY