STP Labuha Kembali Cetak 77 Sarjana S1

STP Labuha Kembali Cetak 77 Sarjana S1

252 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Labuha, Sekolah Tinggi Pertanian (STP) Labuha lakukan Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Strata Satu (S1) Angkatan VI kepada 77 Mahasiswa/i STP serta Milad yang ke XII. Pada Senin, 8 Juli 2019.

Wisuda yang berlangsung di Kampus STP Labuha ini, dihadiri oleh Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, Mewakili Gubernur Maluku Utara Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Malut Hasbi Pora, Unsur Forkopimda Halsel, Pimpinan SKPD Kabupaten Halsel, Kepala Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 12 Maluku dan Malut Muhammad Bugis, Ketua Yayasan Nurul Hasan Malut Muhammad Zaki Abdul Wahab, Prof. Dr. Ir Christianto Lopulisa, MSc Guru Besar Departemen Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Ketua STP Abdillah Kamarullah, Wakil Ketua I Laswi Irmayanti, Wakil Ketua II Yudi Ekaprasetyo, Wakil Ketua III Ishak Abu Bakar, Ketua Forum Rektor atau PT Malut sekaligus Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer Mandiri Tidore Muhammad Sofyan Do Musa, , Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Alkhairat Labuha Mahfud Kasuba, para Dosen STP, Wisudawan/i STP Labuha serta keluarga.

Dari 77 Wisudawan/i Sekolah Tinggi Pertanian Labuha tahun 2019 terdiri dari 35 orang dari Program Studi Agribisnis, 19 orang dari Program Studi Perikanan, dan Program Studi Kehutanan sebanyak 23 orang. Wisuda ini diawali dengan penyampaian orasi ilmiah oleh Prof. Dr. Ir Christianto Lopulisa, MSc yang berjudul “Sustainable Agriculture”.

Saat menyampaikan sambutannya Bupati Bahrain Kasuba mengucapkan selamat milad yang ke 12 kepada STP dan kepada wisudawan-wisudawati, yang telah sukses menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Tinggi Pertanian Labuha.

“Atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan selamat kepada STP, seiring dengan Milad yang ke 12 ini STP mendapat kado dengan meraih penghargaan sebagai perguruan tinggi swasta terbaik dalam Pengelolaan Pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI)”, ungkapnya.

Bupati juga mengatakan bahwa sejak 12 tahun STP Labuha berdiri tetap dikelola dengan baik bersama Pemerintah Daerah untuk itu, komunikasi dengan Pemda dan pihak STP Labuha harus lebih intens lagi, agar kerjasama dapat terjalin dengan baik kedepan.

“Kami tetap bersama STP dan memberikan dukungan, baik pembangunan maupun Beasiswa bagi Mahasiswa utusan desa di Halmahera Selatan juga beasiswa kepada Dosen STP Labuha”, ujarnya.

Bupati berharap agar acara wisuda ini bukan hanya seremonial belaka, tapi menjadi langkah awal bagi wisudawan/i untuk berjuang dan dapat membantu pembangunan di Halsel di Bidang Pertanian.

Mewakil Gubernur Maluku Utara, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Malut Hasbi Pora, saat membacakan sambutan tertulis Gubernur menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Malut turut gembira melihat keberhasilan wisudawan/i dalam menyelesaikan pendidikannya, juga kepada Pimpinan dan Dosen STP Labuha yang telah mewisudakan ratusan Mahasiswa/i selama ini.

“Kepada wisudawan/i diharapakan dapat menjadi penggerak untuk masyarakat Maluku Utara khususnya Halsel dalam memajukan daerah di bidang pertanian”, pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Yayasan Nurul Hasan Malut, Muhammad Zaki Abdul Wahab. Dirinya mengatakan bahwa wisuda ini merupakan awal dari perjalanan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Saya berharap semua wisudawan/i dapat terus mengembangkan dan memperluas ilmu yang telah di peroleh dari perguruan tinggi serta kiprah yayasan dalam bidang pendidikan akan semakin baik kedepan”, harapnya.

Abdillah Kamarullah saat menyampaikan laporan Ketua STP Labuha pada Rapat Senat terbuka tersebut, mengatakan bahwa tahun ini STP Labuha telah memasuki usia yang ke 12 yang diselenggarakan bersamaan dengan wisuda sarjana S1 angkatan ke 6.

“bukan hanya STP Labuha, tahun ini Yayasan Nurul Hasan Malut sebagai Yayasan yang menaungi STP Labuha juga, akan memasuki usia yang ke 24 tahun, sejak berdirinya pada tanggal 23 oktober tahun 1995”, katanya.

Lanjutnya, saat ini Mahasiswa STP Labuha yang tercatat di dalam pangkalan data perguruan tinggi berjumlah 1436 yang terdiri dari Program Studi Agribisnis sebanyak 565 Mahasiswa, Program Studi Perikanan sebanyak 405 Mahasiswa, dan Program Studi Kehutanan sebanyak 466 Mahasiswa.

“untuk mengembangkan sarana penunjang akademik mahasiswa STP Labuha saat ini telah memiliki Ruang Perkuliahan, Perpustakaan, Laboratorium Dasar IPA, Laboratorium Komputer dan Program Studi yang telah difungsikan serta bangunan Gedung Rektorat berlantai dua yang sedang dibangun atas bantuan dari Pemda Halsel”, lanjutnya.

Melalui kesempatan ini juga, Ketua STP Labuha menyampaikan terimakasihnya kepada Gubernur Malut yang telah memberikan bantuan beasiswa untuk S1, S2, dan S3 dengan beasiswa ini, dosen STP Labuha dapat menyelesaikan Studi S2 Prodi Agribisnis 2 Orang, Prodi Perikanan 2 Orang, Prodi Kehutanan 2 orang dan Untuk S3 2 orang sementara masih dalam studi.

Selanjutnya, terimakasih juga disampaikan ketua STP Labuha kepada Pemda Hasel yang telah merealisasikan bantuan pembangunan gedung Rektorat STP Labuha serta beasiswa bagi mahasiswa utusan desa di Halsel dan bantuan beasiswa S3 untuk dosen STP Labuha.

Tak lupa, terimakasih juga disampaikan kepada kepala LLDikti Wilayah XII yang juga telah memberikan beasiswa bidikmisi tahun 2016 sebanyak 15 orang, tahun 2017 sebanyak 5 orang, dan tahun 2019 sebanyak 8 orang.

Pada acara wisuda tersebut, juga diserahkan Piagam Penghargaan dari Kepala LLDikti Wilayah XII Muhammad Bugis kepada STP Labuha sebagai PTS Terbaik dalam Pengelolaan Pelaporan PDDIKTI di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII tahun 2018.

Pada lampiran SK No.32/54/06/STP-NH/VI/2019tentang penetapan wisudawan/i terbaik Sarjana S1 Program Studi Agribisnis diraih oleh Moh Mufad Sarjana Pertanian dengan IPK 3.82, Program Studi Perikanan Gracia Gracilia Wengkenusa dengan IPK 3.62, dan Program Kehutanan di raih oleh Wa Ode Dian Masita Mosib dengan IPK 3.63.(Bur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY